Menunggu Kontribusi Nyata Generasi Muda dalam Penanganan COVID-

  • Whatsapp
Jarir Idris
Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Surakarta

Dunia digentarkan dengan adanya wabah yang mengancam keberlangsungan hidup manusia. Namun, Perlu kita telisik lebih dalam apakah wabah yang menyerang umat manusia yang lebih kita kenal sekarang denfan sebutan COVID-19 hanya terjadi sekarang? Lalu bagaimana sikap yang harus kita ambil? Dan bagaimana hal yang seharusnya kita lakukan, agar pandemi segera berakhir?

Sejatinya, COVID-19 merupakan virus saluran pernafasan yang tergolong berbahaya dari SARS dan MERS yang telah ada sebelumnya. Karena jika dilihat dari angka jumlah kematian yang signifikan, mengubah tatanan dunia dan sikap sosial masyarakat secara keseluruhan. Yang sebelumnya bergerak bebas, kini demi keselamatan nyawa, harus mengikuti protokol kesehatan dari WHO dan Physical Distancing (jaga jarak aman) dalam aktivitas keseharian.

Read More

Tampaknya semua sudah ada dalam sejarah peradaban manusia yang berlangsung sejak dahulu kala. Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan wabah kaum Sodom yang ada di Yordania, kemudian wabah Athena yang telah terjadi lama sebelum masehi, wabah Sipiran yang dikenal dalam agama kristen, dan juga masih banyak wabah yang terjadi sepanjang sejarah peradaban manusia. Tidak hanya virus corona saja, melainkan nenek moyang kita dahulu juga pernah mengalami hal yang sama dengan yang kita alami saat ini. Mungkin saja, tantangan mereka juga berat sama halnya seperti kita saat ini. Karena sejatinya Tuhan tidak akan memberikan cobaan di atas kemampuan para hamba-Nya.

Justeru dengan adanya wabah ini, kita diberikan tantangan dalam lingkaran kehidupan, yang senantiasa berputar untuk memberikan win-win solution. Bukan hanya pasrah dengan keadaan, melainkan tetap berusaha semaksimal mungkin untuk bisa melewati tantangan hidup ini. Kita adalah bangsa yang besar, yang bisa melewati cobaan yang tuhan berikan atas kehendak-Nya. Terlebih khususnya adalah kaum muda. Karena mereka adalah generasi yang dituntut untuk berpikir, berbuat dan bertindak yang terbaik demi bangsa dan negara. Kajian dan pembelajaran nyata dengan cara pandang yang objektif sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, yang pada akhirnya nanti diharapkan menawarkan solusi terbaik kepada semua lapisan masyarakat.

Related posts