Menteri Rini Ubah Café Ides Jadi Warkop

  • Whatsapp
Suasana teleconrence di Desa Langgang saat berdialog dengan Menteri BUMN Rini. (foto: istimewa).

Gantung – Menteri BUMN RI, Rini Soemarno meresmikan Warung Kopi Internet Desa (Ides) Lenggang Kecamatan Gantung. Peresmian Ides di 8 Kabupaten/Kota di Indonesia itu dilakukan melalui hubungan langsung dengan telekonfrensi yang dipusatkan di Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali, Selasa (10/9/2019).

Peresmian Warkop Ides secara bersamaan di 8 Kabupaten/Kota yang meliputi Kota Langsa Aceh, Kota Makasar Sulawesi Selatan, Kota Samarinda dan Balik Papan Kalimantan Timur, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah, Kabupaten Tasik Malaya Jawa Barat dan Kabupaten Beltim Kepulauan Bangka-Belitung.

Warkop Ides Lenggang yang sebelumnya bernama ‘Ides Café Lenggang’ pun diubah namanya. Perubahan nama diusulan oleh Wakil Bupati Beltim Burhanuddin dan Kades Lenggang Evo Lesmono, yang menanggapi permintaan Rini untuk mengubah Café menjadi sebutan yang sesuai dengan keunikan dan kearifan lokal yang ada di masing-masing daerah.

“Warkop Ides, sip itu bagus itu. Gak papa karena di sana terkenal dengan warung kopinya,” kata Rini melalui telekonfrensi yang disambut tepuk tangan hadirin baik di Desa Lenggang maupun di Desa Sidoyu Tojan Kabupaten Klungkung.

Rini yang diundang Wabup untuk datang ke Kabupaten Beltim mengatakan, sangat ingin berkunjung ke Pulau Belitung. Apalagi ia sangat gemar minum kopi dan menikmati keindahan pantai.

“Kalau kopi ada kopi itu sangat penting, saya paling banyak minum kopi dalam sehari. Sudah pasti ke sana kalau gitu saya pak,” ujar Rini.

Dengan adanya peluncuran Warkop Ides Lenggang, Wakil Bupati Beltim Burhanuddin berharap Warkop Ides dapat memberikan dampak positif khususnya bagi masyarakat Gantung.

“Adanya Warkop ini harus dipergunakan dengan optimal. Kita ingin masyarakat dapat memanfaatkan untuk kepentingan bisnis, pendidikan, dan kepentingan positif lainnya,” kata Aan sapaan sehari-hari Burhanudin.

Pemkab Beltim sangat mendukung adanya Warkop Ides dan internet gratis di Desa Lenggang. Masyarakat pun diharapkan dapat mencari peluang yang ada di internet.

“Kita bisa promosi usaha, pariwisata atau keunggulan lokal lewat Ides, juga bisa cari informasi atau pun belajar. Silahkan dimanfaatkan dengan baik,” terang Aan.

Dua Desa akan Dapat Internet Gratis

PT Icon Plus akan menambah internet gratis melalui Internet Desa (Ides) di dua desa baru di Kecamatan Manggar dan Kecamatan Kelapa Kampit. Dua desa itu tersebut akan memiliki Warkop Ides seperti yang ada di Desa Lenggang Gantung, namun sebelum diberikan fasiltas masih akan disurvey oleh Diskominfo Beltim dan Icon Plus.

“Kita tambah lagi dua desa. Icon akan mensuport internetnya agar perekonomian desa bisa meningkat. Jadi sama seperti di sini, ada Warkop Idesnya,” ungkap General Manager SBU PT ICON+ Palembang, Ratriani Kartika Mahanani seusai menghadiri telekonrensi peresmian Warkop Ides di BUMDes Desa Lenggang Membangun, Selasa (10/9/2019).

Bahkan Katrin sapaan akrab Ratriani berjanji akan memberikan 50 sampai 100 internet gratis bagi desa dan sekolah di tahun 2020. Penambahan Ides tersebut menanggapi permintaan Menteri BUMN Rini Soemarno yang meminta agar akhir tahun 2019 ini ada 15.000 Ides di seluruh Indonesia.

“Nanti di tahun 2020 kita tambah lagi, bisa 50 atau 100 buah warkop Idesnya di Kabupaten Beltim sama Belitung. Kita habiskan anggaran yang tahun 2019 ini dulu,” kata Katrin.

Menurut Ratriani Desa yang mendapat fasilitas Ides akan mendapatkan kuota internet gratis sebanyak 2 hingga 3 mbps. Namun besaran akan ditambah jika ada kegiatan sosial yang dilaksanakan di desa atau sekolah.

“Kalau di desa itu ada acara kegiatan, bisa konfirmasi kita dua hari sebelumnya. Kita tambah bandwith-nya menjadi 10 mbps, tanpa biaya untuk beberapa hari,” beber Katrin. (yan/kmf/3).

Related posts