by

Menteri Pariwisata Launching Toboali City On Fire Season 3

-Moment-243 views

TOBOALI- Agenda pariwisata nasional Toboali City On Fire season 3 kembali dilaunching oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman dan Bupati Bangka Selatan Justiar Noer di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kementerian Pariwisata, Kamis (7/6/2018). Arief mengapreasikan agenda nasional TCOF sudah berjalan selama tiga tahun terakhir dengan menampilkan festival budaya terbesar di Bangka Belitung.

“Event wisata di Bangka Belitung cukup banyak dan menarik dan tiga diantaranya masuk kalender Wonderful Indonesia, Geo Park Belitung, Kayak Maraton Belitung dan TCOF Basel, tentunya diharapkan akan mampu mendongkrak tingkat kunjungan wisata, menciptakan masyarakat kreatif serta peningkatan ekonomi,” ungkap Arief Yahya.

Di sisi lain, Arief berharap kedepan Babel sudah memiliki penerbangan internasional seperti Singapura, Malaysia dan Cina. Dengan penerbangan ini diharapkan mampu mengembangkan sektor pariwisata.

Sementara itu, Gubernur Babel Erzaldi Rosman mendukung penuh event wisata di Bangka Belitung. Pemerintah Provinsi bahkan akan membangun home stay di Lepar Pongok serta Pulau Pongok, camping area serta prototipe kendaraan listrik.

“Kita harapkan bersama pariwisata secara bertahap akan lebih berkembang maju, Basel, Belitung maju makan Bangka Belitung juga akan maju,” kata Erzaldi.

Bupati Basel Justiar Noer mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pariwisata dan Gubernur Babel yang memberikan dukungan penuh agenda wisata TCOF 3. Justiar berharap melalui TCOF 3 pariwisata dan budaya Basel lebih terangkat ke level nasional hingga internasional.

“Bertahap sektor unggulan pariwisata Basel melalui agenda nasional TCOF 3 terus berkembang maju, meningkatkan kunjungan wisata, menciptakan ekonomi kreatif serta mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” pungkas Justiar.

Even wisata nasional TCOF 3 kembali akan hadir pada 27 – 29 Juli mendatang. Di season 3 ini, TCOF akan menyuguhkan tema “Ragam Budaya Bangka Selatan Berbasis Lingkungan Hidup”. Tema ini melambangkan Bangka Selatan yang kaya akan ragam budaya serta pesona wisatanya namun tetap menjaga dan memelihara lingkunganya.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Basel, Haris Setiawan kepada wartawan belum lama ini. Pemkab Basel memastikan pelaksanaan event tahunan Toboali City on Fire Season (TCOF) season 3 terdiri dari 16 kegiatan.

TCOF merupakan salah satu atraksi wisata yang diharapkan dapat mengunggah semangat dan partisipasi masyarakat untuk turut serta memajukan kepariwisataan Bangka Selatan. Haris mengungkapkan terdapat penambahan event baru dalam TCOF season 3 ini seperti festival memanggang ikan selangat secara massal, lomba memancing dan lomba membuat layang-layang.

Beberapa rangkaian acara yang juga akan disiapkan, antara lain lomba tari kreasi daerah, perlombaan seni memainkan barongsai, lomba melukis di dinding dengan berbagai media, senam zumba, 200 km tour ke Batu Belimbing, Basel Expo 2018 dengan pameran pariwisata dan UMKM dengan menggunakan tenda rouder dan lain-lainnya.

“TCOF juga digelar di seluruh kecamatan dan desa, seperti ngarak pusaka kampung dan kirab sedekah bumi, festival ketupat gong, ngarak serujo kue badak, krio panting, telur serujo, Perayaan Cap Go Meh, perayaan Ceng Beng, ritual adat Buang Jung, Peh Cun, Sadai Beach Carnaval, Sail Indonesia, nikah massal, Lawa Suji dan lainnya tetap dalam rangkaian TCOF hanya dilakukan di masing-masing kecamatan atau desa,” jelasnya.

Haris mengharapkan melalui TCOF 3 ini, kunjungan wisata baik lokal maupun manca negara ke Basel semakin meningkat. Kegiatan TCOF juga berdampak pada meningkatnya ekonomi masyarakat di Kabupaten Basel. “Event TCOF ini bentuk keseriusan Kabupaten Basel dan Provinsi Babel khususnya dalam melaksanakan kalender pariwisata,” tandasnya.

Ia menambahkan, TCOF season 3 akan dilaksanakan lebih sempurna dan mengulang kesukseskan TCOF 1 dan TCOF 2 yang hasil dan manfaatnya kunjungan wisata terus meningkat. Hingga saat ini Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olah Raga Basel terus berkoordinasi bersama Kementerian Pariwisata, Dinas Pariwisata Babel dan stakeholder terkait persiapan TCOF season 3. Haris menyebutkan TCOF 3 ini bakal mendatangkan Putri Indonesia, Sonia Fergina Citra serta God Bless guna memeriahkan acara.

“Tema Keberagaman budaya ditambah dengan lingkungan hidup, menjadi sorotan dunia, tentu moment TCOF ini kita kemas sebaik-baik mungkin, ada keberagaman budaya dan keasrian lingkungan hidup yang tujuannya adalah mengajak masyarakat untuk terus melestarikan budaya dan menjaga kebersihan lingkungan,” kata Haris.

“Tahun ini lebih kita fokuskan ke lingkungan yang didukung dengan adanya piala adipura, jadi kita gelorakan semangat kebersihan di seluruh pelosok Bangka Selatan, karena apabila sudah menjadi daerah pariwisata maka kebersihan lingkungan itu adalah hal yang paling utama dinilai oleh para pengunjung,”imbuhnya seraya mengatakan band rock legendaris God Bless turut direncanakan akan tampil penuh energy, menghentakkan musik cadas mereka di TCOF 3. (raw/10)

Comment

BERITA TERBARU