Menteri Koperasi Buka Rakornas Koperasi dan UMKM se-Indonesia

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Koperasi dan UKM se-Indonesia yang dibuka langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga di Balitong Resort, Pangkalpinang, Kamis (2/5/2019).

Rakornas yang dihadiri utusan dari 34 provinsi dan 514 kabupaten dan kota ini juga diisi dengan pemberian penghargaan kepada provinsi dan kabupaten dan kota di bidang koperasi dan UMKM yang diserahkan oleh Menteri Koperasi dan UMKM.

Dalam pembukaan ini, juga diserahkan berbagai penghargaan kepada Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan kepada provinsi lainnya di bidang koperasi dan UMKM, serta bantuan permodalan kepada wirausaha pemula dari beberapa provinsi dan penyerahan NIK.

Menteri Koperasi dan UKM, Puspayoga menegaskan, pariwisata enggak bisa berkembang tanpa UMKM, kuliner dan handicraft, begitu juga dengan UMKM tak bisa berkembang tanpa pariwisata.

“Saya tekankan kepada teman-teman di kementerian untuk membuat regulasi yang memudahkan teman-teman di daerah bekerja, regulasi mempermudah bukan mempersulit,” pesannya.

Dia meminta, agar dinas koperasi se-Indonesia juga menyampaikan masukan dan usulan ke kementerian koperasi. “Kami enggak ada apa-apa tanpa ada masukan, kami mohon masukan saran untuk kepentingan bersama,” pintanya.

Puspayoga turut mengucapkan terimakasih kepada Provinsi Babel yang sudah menjadi tuan rumah, serta kepada dinas koperasi dan UMKM se-Indonesia yang sudah bekerjasama hampir empat tahun bersamanya, sehingga program strategis kementerian bisa berjalan dengan baik.

Sementara itu, Gubernur Babel, Erzaldi Rosman mengapresiasi dan berterimakasih kepada Kementerian Koperasi dan UKM yang telah mempercayai Provinsi Babel menjadi tuan rumah rakornas ini.

“Selamat mengadakan rapat, semoga hal-hal terbaik dapat kita persembahkan untuk kemajuan dan peningkatan kesejahteraan koperasi UMKM dan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Erzaldi menyebutkan bahwa Babel mulai mentransformasikan dari pertambangan ke pariwisata, dan pariwisata hal yang berkaitan erat dengan UMKM dan koperasi.

“Kami mengajukan KEK pariwisata dua dan tiga sekaligus, nanti provinsi yang paling banyak KEK pariwisata di dunia, ada tiga, ini harus didukung oleh koperasi dan UMKM,” imbuhnya.

Momentum rakor ini, juga menjadi bagian dari Provinsi Babel untuk mempromosikan pariwisata, UMKM kepada masyarakat luas, serta sekaligus meminta masukan dan belajar dari provinsi lain yang sudah sukses terlebih dahulu.

Ketua pelaksana rakornas, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM,
Rully Indrawan, mengatakan rakornas mengusung tema sinergi program dan kegiatan pusat dengan daerah dalam pemberdayaan koperasi dan UMKM untuk perencanaan 2020-2024.

“Rakornas ini akan dibahas berbagai hal dan terbagi dalam lima komisi, Yakni Penguatan kelembagaan dan pengawasan koperasi, optimalisasi akses pembiayaan,upaya meningkatkan produktivitas dan daya saing; Pengembangan dan peningkatan mutu SDM dan kebijakan ekonomi makro, yang diharapkan mampu meningkatkan kinerja dan daya saing,” bebernya.(nov/10)

Related posts