by

Menpar Minta Tidak Ada Tambang di Kawasan Wisata

KEK di Bangka Butuh Komitmen Pemda

SUNGAILIAT – Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta komitmen dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terkait pengembangan pariwisata. Menurut dia, jika pemprov serius untuk menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan, salah satunya adalah tidak ada kawasan tambang di kawasan wisata.

“Di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata yang sudah ditetapkan pemerintah harus bersih dari penambangan timah. Yang ditetapkan bupati ya bupati, oleh gubernur ditetapkan gubernur, oleh pusat harus ditetapkan. Di pusat kecenderungannya tergantung usulan dari gubernurnya,” kata Arief saat konferensi pers di Pantai Tanjung Pesona Resort and Spa Sungailiat, Jum’at (13/4/2018).

Menurutnya, Babel harus memilih sektor mana yang memberikan Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar, termasuk yang memberikan devisa terbesar dan menyerap tenaga kerja terbesar.

“Silahkan dicek berapa besar PDB pariwisata, di sini saya katakan PDB pariwisata tidak besar katakanlah lima persen tapi employment (kesempatan kerja–red) nya ratusan ribu, kita bandingkan industri lainnya. Pariwisata semakin dilestarikan semakin mensejahterakan, kalau yang lain belum tentu,” kata Arief.
Lebih lanjut Arief menjanjikan KEK pariwisata di Tanjung Gunung Kecamatan Pangkalanbaru Kabupaten Bangka Tengah dan Pantai Timur Sungailiat Kabupaten Bangka akan terealisasi pada tahun 2018 ini. “Tahun inilah. Saya tidak berani menjanjikan tiga bulan. Dua-duanya oke,” ujarnya.

Dia menambahkan, jika ada pihak swasta dan pemerintah daerah mempunyai inisiatif membentuk KEK pariwisata maka pemerintah pusat wajib mendukungnya. “Jika ditanya berapa persen progressnya, sebesar 50 persen sudah lulus dari Kemenpar tinggal 50 persennya dari kesiapan daerah,” imbuhnya.
Arief mengaku sangat mendukung terbentuknya kedua KEK pariwisata tersebut. Tetapi ia yakin pariwisata di Bangka Belitung lebih dekat dengan pangsa pasar. Menurutnya, lokasi Bangka yang berada di daerah kawasan Indonesia bagian barat lebih beruntung dibandingkan dengan daerah kawasan Indonesia Timur.
“Pasalnya dari Singapura dan Jakarta hanya satu jam, sementara dari China Selatan naik pesawat hanya sekitar empat jam ke Pulau Bangka. Sedangkan ke Indonesia bagian timur bisa tambah sekitar dua jam,” imbuhnya.
Dalam kunjungan kerja Menteri Pariwisata Arief Yahya di Kabupaten Bangka, Jum’at (13/4/2018). Menpar didampingi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, diterima Plt Bupati Bangka Rustamsyah di rumah dinas Bupati Bangka di Sungailiat.
Dalam kesempatan itu Plt Bupati menyampaikan berbagai event diantaranya sport tourism di Kabupaten Bangka.
“Kami ingin menyampaikan kepada bapak menteri bahwa Kabupaten Bangka memiliki beberapa event sport tourism dan berharap dukungan dari Kementerian Pariwisata seperti Bangka Culture Wave yang saat ini telah menjadi event nasional,” ujar Rustamsyah.
Disamping itu, kata dia, ada event Sungailiat Triathlon yang akan dilaksanakan untuk keenam kalinya pada tanggal 21 April 2018 yang saat ini sudah terdaftar sebanyak 494 atlet dari 17 negara termasuk Indonesia. Sungailiat Triathlon merupakan event sport tourism kebanggaan Kabupaten Bangka dan telah menjadi icon daerah.
Event lainnya, Sungailiat Adventure Trail yang akan dilaksanakan berbarengan dengan event MXGP serta Bangka Outdoor yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2018 dan Bangka Expo tahun 2018 merupakan event pameran tahunan yang akan dilaksanakan, 26 – 29 April 2018.
Menurut dia, Pemkab Bangka berupaya menjadikan Kabupaten Bangka sebagai destinasi wisata. Untuk itu diharapakan Kementerian Pariwisata dapat memberikan dukungan secara maksimal sehingga kemajuan pariwisata di kabupaten Bangka akan berdampak positif bagi kegiatan ekonomi masyarakat.
“Kami sangat berterimakasih atas kehadiran bapak Menteri Pariwisata RI beserta rombongan dan semoga keramahan masyarakat dan keindahan Kabupaten Bangka menjadi kenangan yang indah yang akan membawa bapak – bapak ibu untuk datang kembali ke negeri kami Sepintu Sedulang,” pungkasnya.
Menteri Pariwisata Arif Yahya juga mendapatkan kalungan kain cual dari Plt Bupati Bangka Rustamsyah, serta dijamu makan siang setelah sebelumnya menunaikan sholat Jum’at di masjid Agung Sungailiat.(snt/rls/10)

 

Comment

BERITA TERBARU