Menjadikan Teknologi Informasi Komunikasi Ladang Pahala

  • Whatsapp

Oleh: Yudistian
Mahasiswa IAIN SAS Bangka Belitung

Yudistian

Sejalan dengan kemajuan dunia, perkembangan teknologi semakin pesat. Bahkan kemajuan sebuah negara-negara yang ada di dunia juga tidak lepas dari perkembangan teknologi yang ada. Perkembangan teknologi tentu memiliki alasan, salah satu alasannya karena teknologi memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Manfaatnya seperti dapat memberikan kemudahan bagi manusia. Hal itu sejalan dengan pendapat Ursula Franklin bahwa teknologi adalah cara praktis bagaimana manusia melakukan dan membuat sesuatu hal. Tidak hanya itu, teknologi juga dapat memecahkan masalah yang di alami manusia. Hal itu selaras yang dikatakan Sardar bahwa teknologi merupakan sarana untuk memecahkan masalah dari peradaban manusia. Banyak masalah yang bisa diselesaikan dengan teknologi.

Pada saat ini, banyak teknologi yang mengalami perkembangan salah satu diantaranya adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi seperti Smartphone dan PC (Personal Computer). Telah kita ketahui sampai saat ini, sudah banyak muncul berbagai model dan merek Smartphone maupun PC. Hampir setiap orang memiliki benda tersebut, hal itu dikarenakan pada saat ini Smartphone maupun PC menjadi kebutuhan bagi kehidupan manusia. Sehingga kehidupan manusia saat ini diiringi dengan perkembangan dan kemajuan Teknologi.

Sejalan dengan perkembangan Smartphone maupun PC, kita ketahui pula bahwa Smartphone maupun PC menawarkan berbagai aplikasi yang ada. Beberapa contoh aplikasi yang ada di Smartphone seperti aplikasi editor foto (Piscart, Snapseed, Pic Say) dan beberapa contoh aplikasi editor foto yang ada di PC yaitu Photoshope dan Corel Draw. Aplikasi-aplikasi yang ditawarkan Smartphone maupun PC bisa membantu untuk membuat dan mengedit foto yang bagus dan unik seperti foto karikatur dan vektor kartun. Tidak hanya itu, aplikasi itu dapat membantu kita dalam membuat brosur, logo, desain baju dan lain sebagainya sehingga dari hasil itu dapat dijual dan menghasilkan uang.
Selain itu, dengan berbagai aplikasi yang ada di Smartphone maupun PC kita dapat membuat video-video yang bermanfaat seperti membuat video tutorial atau bahkan video tentang ceramah maupun tentang pengetahuan yang kemudian di upload ke youtube maupun media sosial. Kenapa harus di upload ke youtube atau media sosial? Karena pada saat ini, orang lebih banyak belajar menggunakan Smartphone maupun PC melalui media sosial maupun youtube dari pada belajar secara langsung dengan yang ahlinya. Disamping memerlukan uang banyak, hal itu juga dikarenakan belajar dengan Smartphone maupun PC akan lebih mudah, bisa dilakukan kapan dan dimana saja.

Jika kita membuat video yang bermanfaat, artinya kita juga memberikan ilmu pengetahuan yang bermanfaat, dan jika ilmu yang kita berikan kepada orang lain melalui media sosial ataupun youtube bermanfaat bagi orang lain, maka akan menjadi amal jariah.

Amal jariah adalah pahala yang tidak akan terputus walaupun sudah meninggal. Hal itu seperti yang dijelaskan dalam sabda Rasullulah SAW yang artinya “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat dan do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim No. 1631).

Oleh karena itu, pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang baik dan benar akan dapat membantu seseorang menghasilkan uang. Tetapi tidak hanya bisa menghasilkan uang, tetapi juga bisa menjadikan TIK sebagai ladang pahala. (***).

Related posts