Menggapai Nikmat Di Bulan Suci Ramadhan

  • Whatsapp

Oleh: Mohamad Firdaus
Siswa Kelas Beasiswa PT. TIMAH Tbk SMAN 1 Pemali

Penduduk Indonesia adalah penduduk yang mayoritas beragama islam. Seperti yang kita ketahui, saat ini seluruh umat muslim dibelahan dunia khususnya di Indonesia sedang kedatangan tamu istimewa yaitu bulan suci Ramadhan. Dimana pada bulan ini, seluruh umat muslim (yang tidak sedang berhalangan) diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Tentunya hal ini adalah hal yang dinanti-nantikan umat islam untuk memperbanyak ibadah dan memperkuat keimanan.
Selain untuk memperkuat keimanan dari segi spiritual, puasa juga memiliki banyak manfaat di segi kesehatan. Menurut beberapa penelitian, dengan berpuasa bisa mengurangi kolestrol jahat dalam tubuh dan menghilangkan sisa-sisa kotoran dalam tubuh. Selain umat islam, momentum Ramadhan juga ditunggu oleh orang yang bukan beragama islam untuk ikut berburu makanan saat menjelang berbuka, karena hanya saat Ramadhan saja dibukanya bazar Ramadhan yang menjual beraneka macam makanan, salah satunya yaitu takjil. Takjil adalah makanan atau hidangan untuk berbuka puasa yang rasanya manis, contohnya kolak, kurma, es buah, dan masih banyak makanan manis lainnya.
Bulan Ramadhan memiliki banyak sekali keutamaan. Mulai dari sepuluh hari pertama hingga sepuluh hari terakhir. Jika umat muslim bisa memanfaatkan momen ini dengan sebaik mungkin, maka datangnya bulan Ramadhan memberikan keberkahan dan kebaikan-kebaikan kepada umat muslim yang menjalaninya dengan niat semata-mata karena Allah SWT.
Keutamaan sepuluh hari pertama bulan Ramadhan adalah rahmat. Pada waktu ini Allah SWT melimpahkan rahmat dan keberkahan yang sangat banyak kepada umat manusia yang sedang beribadah kepada-NYA. Sebaiknya pada waktu ini kita memperbanyak berdzikir dan memohon kepada Allah SWT agar kita selalu diberi rahmat dan apa yang kita lakukan mendapat keberkahan. Lalu, keutamaan sepuluh hari kedua bulan Ramadhan adalah dibukanya pintu maghfirah. Pintu maghfirah adalah pintu ampunan. Jadi, pada waktu ini Allah SWT memberikan ampunan seluas-luasnya kepada hamba Allah yang mau menyadari kesalahan-kesalahan yang dilakukannya lalu bertobat dengan sungguh-sungguh. Pada waktu ini kita dianjurkan untuk memperbanyak muhasabah diri dan selalu memohon ampunan kepada Allah SWT.
Kemudian yang terakhir yaitu keutamaan sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan adalah pembebasan dari api neraka. Ini merupakan sesuatu yang sangat dikehendaki oleh seluruh umat muslim. Selain itu, ada salah satu malam diantara sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan yang merupakan malam yang sangat mulia dan lebih baik dari seribu bulan atau disebut malam lailatul qadr. Biasanya pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan banyak umat muslim yang ber-iktikaf dimasjid agar mengurangi urusan dunia supaya lebih fokus beribadah kepada Allah SWT dengan harapan dapat bertemu malam lailatul qadr. Dimana jika kita bertemu malam yg mulia ini dalam keadaan sedang beribadah dan berbuat kebaikan, maka pahala yang kita dapat akan dilipat gandakan oleh Allah SWT sebanyak-banyaknya.
Selain keutamaan- keutamaan di atas, ada satu moment yang sangat penting dibulan Ramadhan yang mulia ini, yaitu turunnya kitab suci Al-Qur’an untuk yang pertama kali. Al-Qur’an merupakan firman Allah SWT yang diturunkan kepada manusia agar dapat dijadikan pedoman dan tuntunan hidup umat muslim supaya menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Biasanya pada saat peringatan momen turunnya Al-Qur’an atau malam nuzulul qur’an, masjid-masjid atau majelis taklim mengadakan pengajian dengan sama-sama mendengarkan ceramah yang berisi tentang segala hal yang berkaitan dengan malam nuzulul qur’an.
Namun, ada baiknya kita juga lebih banyak meluangkan waktu untuk lebih dekat dengan Al-Qur’an pada saat malam nuzulul qur’an, seperti mengkhatamkan al-qur’an pada malam tersebut. Sebagai umat muslim yg beriman, kita harus memuliakan momen turunnya Al-Qur’an ini dengan lebih memperbanyak ibadah kepada Allah dan rajin membaca al-qur’an, karena Al-Qur’an bisa menjadi penolong bagi orang-orang yang sering mengamalkan kebaikan-kebaikan yang diajarkan di Al-Qur’an.
Tetapi, jangan sampai kita hanya melakukan ibadah dibulan Ramadhan saja, karena ibadah merupakan kebutuhan bagi umat muslim setiap harinya. Bulan Ramadhan hanya sebagai ladang untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya, karena belum tentu kita bisa bertemu bulan yang suci ini di tahun-tahun berikutnya. Untuk itu, marilah kita sama-sama mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melaksanakan perintahnya dibulan suci Ramadhan, yaitu berpuasa. Sebab, dengan berpuasa kita akan mendapatkan manfaat yang sangat banyak dari segi kesehatan dan pahala yang berlipat-lipat dari Allah SWT. (***).

Related posts