Mendag Pastikan Pasokan Sembako Jelang Puasa dan Lebaran Aman

  • Whatsapp

Stabilkan Harga dan Antisipasi Spekulasi Penimbunan Sembako

PANGKALANBARU – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menegaskan, jelang bulan suci Ramadhan dan menyambut datangnya Hari Raya Idulfitri, distribusi pasokan sembako dijamin aman, termasuk kestabilan harga yang tetap terjaga.

” Saya sudah cek di Sibolga, Pidi, Medan, Jawa, dan daerah lainnya kondisi harga dan bahan pokok aman. Seperti yang kita ketahui bulan lalu terjadi deflasi, bahkan minggu lalu Saya melakukan rapat koordinasi untuk persiapan bulan suci Ramadhan, Insya Allah itu semua tercapai (aman dan terkendali-red),” kata Enggartiasto Lukita kepada Rakyat Pos di Novotel Bangka Tengah, Selasa (26/3) sore kemarin.

Dalam rakor tersebut dibahas identifikasi ketersediaan pasokan dan harga barang kebutuhan pokok di tingkat nasional maupun daerah. Dalam hal ini pemerintah pusat mengidentifikasi kesiapan pemerintah daerah guna menghindari terjadinya kekurangan pasokan, gangguan distribusi, dan aksi spekulasi atau penimbunan barang kebutuhan pokok secara tidak wajar.

“Kemendag akan memantau, mengantisipasi sejak dini potensi kenaikan harga barang kebutuhan pokok menjelang hari besar keagamaan. Secara alamiah kenaikan harga terjadi akibat kenaikan permintaan, dan yang terpenting nanti antisipasi ketersediaan stok,” tuturnya.

Disinggung keberadaan Swasembada?. kata Enggartiasto Lukita menjelaskan, pengertian swasembada itu sesuai dengan FAO kalau impornya 20 persen. Menurutnya yang terpenting saat ini terkait ketersediaan barang harus aman, tidak kemudian menghentikan impor kalau itu dibutuhkan untuk dalam negeri.

” Impor bukan sesuatu barang haran. Tetapi kalau didalam negeri tersedia, makan kita ambil dalam negeri. Sekarang ini bagaimana caranya untuk meningkatkan produksi dalam negeri, termasuk fokus stabilnya harga dan stok aman dari sembako,” tukasnya (rev/7).

Related posts