Memalukan, 20 Anggota Dewan Bolos Paripurna

  • Whatsapp
Anggota dewan absensi dengan keterangan izin tersebut di antaranya, Selly Aidi Yuwanto, Erwin Asmadi, Edi Nasapta, Moh Tanwin dan Haryadi. Anggota dewan dengan keterangan yang sakit yakni Azwari Helmi dan Rina F Maulana. Sedangkan tanpa keterangan yakni, Marsidi Satar, Sudirman, Dedi Wijaya, Salahuddin, Abdulah Ma’aruf, Bong Ming Ming, Rosdiansyah Rasyid, Abdul Bakar, Mardan, Eko Prasetyo, Hendra Astrajaya dan Mansah

Moment HUT Kemerdekaan RI

PANGKALPINANG – Sebanyak 20 anggota DPRD Babel tidak mengikuti kegiatan rapat paripurna dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT ke-74 Republik Indonesia, Jumat (16/8/2019).

Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Didit Srigusjaya sangat menyesalkan mangkirnya puluhan wakil rakyat ini. Belum diketahui alasan tidak hadirnya anggota DPRD di rapat paripurna itu.

“Saya sangat menyesalkan, artinya ini akan menjadi sebuah contoh bagi masyarakat bagaimana kami ingin memaknai, sedangkan para wakil-wakil kami juga tidak mau datang, ini sangat sedih,” kata Didit saat diwawancarai seusai rapat paripurna.

Ia menegaskan, terlepas dari terpilih atau tidak terpilih lagi pada pemilihan legislatif beberapa waktu lalu anggota dewan periode ini dapat hadir di rapat paripurna.

“Terlepas, anggota dewan tersebut, terpilih nggak terpilih, kita ini kan bagian bangsa Indonesia, andaikata kalau kita berada dalam sejarah merebut kemerdekaan, belum tentu kita bisa nikmati,” tegasnya.

Didit mengingatkan kembali bahwa perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah itu bukan hal yang mudah, perlu pengorbanan jiwa dan raga dengan tetesan keringat, air mata dan tumpahan darah.

“Maka maknai lah rasa kebanggaan berbangsa ini. Dengan kita menghadiri (rapat paripurna-red) saja ini suatu bentuk syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT kepada kita melalui pejuang-pejuang kita, tapi itu kembali kepada diri masing-masing,” tegasnya.

“Masa’ kita yang sudah menikmati juga nggak mau hadir, kita kan tinggal menikmati aja, kalau nggak ada perjuangan, nggak bisa jadi anggota dewan juga, kalau kita dijajah Belanda, jangan kan jadi anggota dewan, makan aja susah, ini kan permasalahannya,” tambahnya.

Oleh karena itu, dia akan memberikan sanksi kepada para anggota dewan yang tidak hadir pada Rapat Paripurna peringatan HUT Kemerdekaan RI ini dan berharap kejadian serupa tidak terulang kembali.

“Saya akan memberikan sanksi kepada anggota fraksi PDI Perjuangan, bagi anggota dewan nggak akan saya tanda tangan SPPD nya, itu sanksinya. Yang jelas, kita berharap bahwa hal ini jangan terjadi lagi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan informasi yang dihimpun nama-nama anggota DPRD yang tak hadir berdasarkan absensi dengan keterangan izin tersebut di antaranya, Selly Aidi Yuwanto, Erwin Asmadi, Edi Nasapta, Moh Tanwin dan Haryadi.

Sementara anggota dewan dengan keterangan yang sakit yakni Azwari Helmi dan Rina F Maulana. Sedangkan tanpa keterangan yakni, Marsidi Satar, Sudirman, Dedi Wijaya, Salahuddin, Abdulah Ma’aruf, Bong Ming Ming, Rosdiansyah Rasyid, Abdul Bakar, Mardan, Eko Prasetyo, Hendra Astrajaya dan Mansah.

Terpisah, salah satu anggota dewan yang tidak hadir Rosdiansyah Rasyid ketika dikonfirmasi wartawan mengaku, ia sudah menyampaikan izin ke sekretariat karena sedang berada di Jakarta untuk keperluan keluarga. “Ada keperluan sama keluarga, sudah izin kok,” jelasnya. (ron/6)

Related posts