Melati: Pola Makan Salah Sebabkan Stunting

  • Whatsapp

PANGKALPINANG- Ketua TP PKK Provinsi Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi menegaskan pihaknya akan membantu pemerintah bersama instansi terkait untuk gencar mensosialisasikan pola makan atau asupan gizi yang tepat kepada masyarakat, khususnya calon ibu baru untuk mencegah terjadinya stunting.

“Stunting atau tumbuh kembang anak yang tidak sesuai dengan usia dan berat badan yang lebih kecil, ternyata bukan saja disebabkan karena faktor kemiskinannya, tetapi cara pemberian asupan gizi yang tidak tepat. Stunting banyak dijumpai di masyarakat kita, tak hanya di desa, pesisir bahkan di kota pun ada,” ungkap Melati kepada wartawan belum lama ini.

Umumnya, lanjut dia, masyarakat yang ekonominya menengah ke bawah, kurang memperhatikan gizi anak mulai dari dalam kandungan hingga balita, namun ternyata kata Melati, di Kota Pangkalpinang ada juga keluarga yang mampu tetapi anaknya memiliki berat badan dibawah normal.

“Jadi bukan semata faktor ekonomi saja, yang mampu punya emas dan handphone juga ternyata anaknya stunting, ternyata karena ibunya enggak tau pola makan yang baik untuk anak,” jelas istri Gubernur Babel, Erzaldi Rosman ini.

Untuk itu, PKK dengan program kerjanya yang ada di pokja, akan membantu mensosialisasikan pemberian pola makan yang tepat. “Gizi itu harus dipenuhi sejak dalam kandungan, hingga si anak usia dua tahun, si ibu harus tau apa saja asupan gizi itu, dan di kita ini masyarakatnya masih banyak yang ternyata belum paham,” imbuhnya.

Stunting, sebut Melati, dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Jika dibiarkan, maka dikhawatirkan perkembangan generasi penerus yang akan datang tidak akan maksimal. “Makanya kita juga fokus ke stunting dan enggak hanya di Bangka Barat, ternyata di Bangka juga banyak ditemukan, serta kabupaten lain juga kita awasi,” tandasnya.

Dia turut meminta, kepada para ibu, baik pasangan baru ataupun yang sudah lama membina keluarga, untuk mengetahui pola asuh dan pola makan yang baik untuk anak, agar anak tumbuh sehat dan cerdas.(nov/10)

Related posts