Melati Erzaldi Kunjungi Masyarakat Desa Paya Benua

  • Whatsapp
Ketua TP PKK Babel, Melati Erzaldi memberikan pengarahan kepada masyarakat Desa Paya Benua, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, terkait Program PKK. (foto: humasprov).

 

MENDOBARAT – Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi, Jum’at (25/10/2019) pagi, mengunjungi Masyarakat Desa Paya Benua, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka.

Kehadiran Melati bersama Wakil Ketua TP PKK Babel, Laksmi Abdul Fatah dan para Pengurus PKK, dalam Rangka Pembinaan Program PKK di Desa tersebut, dengan mengusung tema “Melalui Pembinaan Program PKK di Desa Paya Benua, Kita Tingkatkan Kreativitas Masyarakat Guna Mewujudkan Keluarga Tangguh Sejahtera”.

Melati Erzaldi pada kesempatan tersebut memberikan Pengarahan kepada masyarakat yang sebagian besar adalah Ibu-ibu Desa Paya Benua, tentang pelaksanaan Program TP PKK Provinsi Babel, terutama mengenai penanganan Sampah dan pengembangan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK.

Melati mengatakan, sampah, terutama sampah plastik akan memberikan dampak kepada lingkungan. “Dengan membakar sampah plastik bisa mengakibatkan kebakaran. Juga asap yang keluar dari pembakaran jika terhirup oleh manusia akan menyebabkan kanker, serta plastik yang tidak akan terurai walaupun di timbun,” jelasnya.

Oleh sebab itu, disarankan Melati, dalam mengelola sampah plastik sebaiknya dijadikan ecobrick (bata ramah lingkungan) dengan memasukkan sampah plastik kering ke dalam botol hingga seberat 400 gr dan dijadikan bahan alat rumah tangga seperti kursi, pagar maupun pot bunga.

Pihaknya melalui Pokja III Tim PKK Babel pada kesempatan itu mencontohkan pembuatan ecobrick ini. Selain itu juga menyarankan di Desa ini membuat Bank Sampah.

Sebagai pencegahan penggunaan plastic, Melati juga menghimbau masyarakat setempat menggunakan Tumbler menggantikan air minum kemasan.

Hal itu dikatakan Melati, dengan mampunya mengelola sampah dapat mewujudkan keluarga sehat.

Selain Pengelolaan sampah, dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK Babel juga melihat produksi UP2K PKK. Diharapkan UP2K di desa juga semakin meningkat untuk menambah pemasukan ekonomi bagi keluarga masing – masing.

Ikut Hadir Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Bangka, Camat Mendo Barat beserta Ketua TP PKK Mendobarat dan Kades Paya Benua, TP PKK Babel, Mahasiswa KKN IAIN Syeikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, dan puluhan Ibu – ibu dari Desa setempat. (rell/3).

Related posts