Melati Erzaldi Kembali Terima Curahan Hati Pelaku UMKM Babel

  • Whatsapp
Melati Erzaldi saat mendengarkan aspirasi Pelaku UMKM.(foto: saktio).

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) sekaligus Ketua Dekranasda Babel dan Korwil ICSB Wilayah Babel, Melati Erzaldi selalu menyempatkan diri memberikan perhatian khusus kepada para pelaku UMKM.

Berbagai bentuk dorongan diberikan, dengan harapan agar UMKM tetap bersemangat untuk meningkatkan hasil produksi dan pemasarannya.

Kali ini Melati, kembali menerima curahan hati dan aspirasi para pelaku UMKM di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai, Senin (10/8/2020).

Program ini merupakan kegiatan rutin sebagai wadah dan ruang bagi para UMKM menyampaikan permasalahan yang dihadapi untuk dipecahkan bersama.

Baca Lainnya

Satu persatu pelaku UMKM menyampaikan permasalahan dan ditanggapi secara langsung oleh Ibu Melati, didampingi Kepala Koperasi dan UKM Babel, Elfiyena; Kepala UPTD Rumah Promosi dan Kemasan, Muslim El Hakim Kurniawan; Kepala UPTD PLUT, Judnaidi; serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Babel.

Dari beberapa permasalahan yang disampaikan para pelaku UMKM, selain berkaitan dengan modal, perizinan, dan promosi atau pemasaran juga masalah lain yang dihadapi saat menggeluti usahanya.

Melati dalam pertemuan itu mengatakan selama masa pandemi Covid-19 ini, pihaknya dalam mendorong sektor UMKM di Bangka Belitung, melakukan pertemuan secara online dalam lingkup kecil.

Di masa new normal ini, Melati menggagas untuk mengaktifkan kembali pertemuan dengan para pelaku UMKM seperti saat sebelum adanya pandemi Covid-19 namun tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Hari ini, 30 pelaku UMKM dari berbagai usaha berhasil dikumpulkan untuk mengetahui perkembangan usahanya. Ibu Melati yakin di masa pandemi Covid-19, usaha UMKM akan menjadi penopang perekonomian rakyat.

Terkait dengan permasalahan dan aspirasi yang disampaikan, Melati menjelaskan bahwa Pemprov Babel melalui dinas koperasi dan UKM ataupun disperindag, memiliki beberapa program untuk mendorong pelaku UMKM. Diantaranya adalah program bantuan permodalan, program bantuan pengemasan oleh UPTD rumah promosi dan pengemasan, maupun program pemasaran melalui PLUT serta pemasaran digital melalui market place yang sedang dikembangkan.

Menurut Ibu Melati, semua tergantung dari semangat dan kreativitas yang dimiliki oleh para pelaku UMKM itu sendiri. Oleh sebab itu, pertemuan seperti ini penting untuk dilakukan untuk saling menguatkan, bertukar ide, dan mencari solusi bersama atas permasalahan yang dihadapi.

“Dalam mengembangkan usaha kita, sedekah menjadi kekuatan yang luar biasa dan jejaring silaturahmi di antara kita seperti ini harus terus dilakukan,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Ibu Melati berjanji akan mempromosikan hasil produksi para pelaku UMKM di akun media sosial pribadinya.( Lulus/Adv).

Related posts