by

Melati Erzaldi Bangga UP2K PKK Desa Belo Laut Masuk Nominasi Tingkat Nasional

-Moment-59 views


BELO LAUT, BANGKA BARAT – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman diwakili Ketua TP PKK Babel, Melati Erzaldi, mengaku bangga kepada Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, karena telah mewakili Babel dan masuk nominasi dalam lomba UP2K tingkat Nasional Kategori Kabupaten.
“Saya bangga sekali, karena Babel masuk enam besar nominasi dalam penilaian UP2K PKK Tingkat Nasional, dimana ada enam PKK Tingat Provinsi yang masuk nominasi. Mudah -mudahan kita menjadi yang terbaik,” harap Melati, dalam sambutannya, ketika menyambut Tim Verifikasi Lapangan Lomba UP2K TP PKK Tingkat Nasional, di Halaman Kantor Desa Belo Laut, Jum’at (10/5/2019) pagi.


Disebutkan Melati, ke enam provinsi tersebut adalah Provinsi Lampung, Babel, Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Kalimatan Timur dan Provinsi Bali.
Melati menjelaskan, sejarah berdirinya UP2K TP PKK Desa Belo berawal dari tahun 1992, dimana PKK Provinsi melakukan penilaian untuk merekomendasi salah satu kabupaten yang bisa mewakili UP2K-nya.
“Yang menarik dari UP2K TP PKK Belo Laut adalah eksistensi UP2K-nya, dimulai dari tahun 1992 yang modal awalnya Rp200.000 melaui dana bantuan desa. Seiring berkembangnya waktu dan berkembangnya inovasi-inovasi yang dilakukan TP PKK Belo Laut, berkembanglah usaha – usaha itu, diantaranya, empek-empek udang, minuman instant serbuk mengkudu, temu lawak dan ternak burung puyuh, yang sekarang sudah mencapai 800 ekor, dan menghasilkan 5 kg telur puyuh,” urai Melati Erzaldi.
Sekda Bangka Barat, Yunan Helmi mewakili Bupati Bangka Barat, Markus, dalam sambutannya mengatakan, untuk mewujudkan keluarga dengan ekonomi yang kuat tidaklah mudah, akan tetapi melalui kelompok UP2K TP PKK ini, upaya pembinaan terus dilakukan dari berbagai instansi, salah satunya oleh TP PKK baik dari Desa, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi.
Tim Verifikasi Lapangan TP PKK Pusat, Anak Agung Ayu Sri Adayani mewakili Ketua Umum PKK Pusat, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, dalam sambutanya mengharapkan, lomba ini memiliki pontesi dan nilai strategis yang mampu menjadi inspirasi dan motivasi bagi masyarakat luas, termasuk para pelaku usaha pembangunan dan pemimpin di semua tingkat.


Lomba UP2K PKK Tingkat Nasional, kata dia, yang dilaksanakan dalam rangka HKG PKK nantinya, dapat membawa nama harum daerah. Oleh sebab itu, dirinya juga mengharapkan, agar prestise dan prestasi yang ada tetap dapat terjaga, sehingga berkesinambungan nantinya.
“Biasanya pemenang lomba akan menjadi studi banding, menjadi tempat saling berbagi pengalaman dan pembelajaran nyata dan percontohan bagi daerah lain. Oleh sebab itu, kembangkanlah prinsip saling melengkapi kekurangan dan kelebihan masing-masing,” ajak Anak Agung Ayu Sri Adayani.
Sebelumnya, Kades Belo Laut, Ibnu mengatakan, dalam upaya pemberdayaan masyarakat, ada tiga produk unggulan yang diangkat oleh UP2K Flamboyan TP PKK Desa Belo Laut, yaitu empek-empek udang, Serbuk Mengkudu Instant dan Ternak Burung Puyuh. Dan ia menyatakan sangat mendukung apa yang dilakukan oleh TP PKK Desa Belo Laut ini.
Sementara itu, kedatangan Tim Verifikasi Lapangan UP2K TP PKK Pusat untuk melakukan penilaian, terhadap kegiatan Lomba UP2K TP PKK Desa Belo Laut mewakili Provinsi Babel masuk enam besar Nominasi UP2K PKK Tingkat Nasional Kategori Kabupaten tersebut, disambut Gubernur Babel diwakili Ketua TP PKK Babel, Melati Erzaldi, Bupati Bangka Barat, diwakili Sekda Yunan Helmi, Wakil Ketua PKK Babel, Laksmi Abdul Fatah, Kepala DPMD Babel, Yuliswan, Ketua TP PKK Kecamatan Se-Kabupaten Bangka Barat, unsur Forkopimda, dan Ketua DWP Kabupaten Bangka Barat.
Rangkaian kegiatan kunjungan Tim Verifikasi Lapangan UP2K PKK Pusat diakhiri dengan penyerahan plakat dan peninjauan langsung hasil produk UP2K TP PKK Desa Belo Laut. (Mislam/Humasprov/Adv).

Comment

BERITA TERBARU