by

Mayoritas Calon Haji Bangka Idap Hipertensi

-Bangka-70 views
Pemeriksaan kesehatan bagi calon haji Kabupaten Bangka di Gedung Sepintu Sedulang, Sungailiat, Kamis (21/3/2019).(foto: Zuesty Novianty)

SUNGAILIAT- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka melakukan pemeriksaan penyakit menular bagi calon jemaah haji di Gedung Sepintu Sedulang, Sungailiat, Kamis (21/3/2019). Hasilnya, mayoritas jemaah haji mengidap penyakit hipertensi dan diabetes.

Kabid P2PL Dinas Kesehatan Kabupaten, Anggia Murni mengatakan walau rata-rata calon jemaah haji menderita penyakit hipertensi dan gula darah, secara umum semua calon haji siap diberangkatkan ke tanah suci Mekah.

“Kita hanya memeriksa kesehatan mereka dan tidak menemukan ada calon haji yang tidak bisa berangkat dan semua siap diberangkatkan,” kata Kabid P2PL Dinas Kesehatan Kabupaten, Anggia Murni usai pemeriksaan.

Menurut Anggia, setelah pemeriksaan kesehatan, calon jemaah haji akan menerima suntik vaksin. Pihaknya, kata dia, akan tetap untuk memantau kesehatan jemaah selama di tanah suci Mekah dan akan didampingi dua orang dokter.

Dalam kesempatan itu, dia mengimbau kepada para calon haji untuk selalu menjaga kesehatan karena ibadah haji adalah ibadah yang memerlukan fisik prima.

“Kita minta calon haji berolahraga misalkan lari, disesuaikan juga dengan kondisi mereka, sehingga nantinya sudah waktunya benar-benar siap dan bisa menjalankan rangkaian ibadah haji dengan lancar,” harapnya.

Sekedar diketahui untuk calon haji Kabupaten Bangka tahun ini berjumlah 228 orang jalur reguler dan lewat Ongkos Naik Haji (ONH) Plus sebanyak dua orang, terdiri dari 129 perempuan dan 99 orang laki-laki. (2nd/10)

Comment

BERITA TERBARU