by

Mayat Tanpa Identitas Ditemukan di Lokasi Eks Tambang

KOBA – Sesosok mayat laki-laki yang belum diketahui identitasnya ditemukan di lokasi Eks Tambang Koba Tin tepatnya daerah Kedangkal 6 Desa Guntung Kecamatan Koba, Bangka Tengah. Jasad yang diyakini asal pendatang diperkirakan meninggal dunia sekitar satu hari sejak ditemukan pada Selasa (29/5/2018) pukul 11.00 WIB pekan kemarin.

Fanazi (42) warga Kedangkal 3 Desa Guntung yang pertama kali menemukan korban di sebuah pohon daerah Kedangkal 6,langsung melaporkannya ke Babinkamtibmas dan Babinsa terdekat.

Tak lama mendapat laporan, Tim Identifikasi Polres Bangka Tengah, Polsek Koba, Aparatur Desa Guntung langsung menuju ke lokasi untuk melakukan evakuasi. Hasil penyelidikan sementara, penyidik belum bisa memberi keterangan pasti terkait identitas korban baik nama, asal, dan keluarga korban.

Karena selain keterangan Fanazi sebagai pelapor dan saksi, tidak ada lagi yang mengaku kenal dengan korban termasuk keluarga korban pun tidak ada.

Untuk sementara, hasil visum korban memperlihatkan ada bekas keratan pada leher korban dan ditemukan seutas tali dan kayu patah dekat pohon. Atas dasar itu, korban dimungkinkan meninggal diduga karena bunuh diri.

Sementara itu Kasat Reskrim AKP. Robby An Syari seizin Kapolres AKBP. Edison Ludy Bard Sitanggang menuturkan saat itu Fanazi sedang ke lokasi Kedangkal 6 Desa Guntung bermaksud mencari kayu untuk junjung sahang. Melihat pohon itu subur, Fanazi pun menghampiri untuk menebangnya. Namun, ia teperanjat manakala melihat ada sesosok mayat tergeletak di dekat pohon dalam kondisi sudah tewas.

“Karena dia (Fanazi-red) seorang diri, usai melihat ada mayat langsung pergi ke Desa Guntung untuk melapor. Dapat laporan itu, petugas akhirnya meluncur ke TKP untuk evakuasi,” ujar Kasat saat dikonfirmasi Rakyat Pos, Kamis (31/5/2018).

“Selain fakta-fakta yang ada, kita baru mengantongi satu orang saksi. Sedangkan tidak ada yang mengenal korban saat ditanya ke penambang di lokasi tambang Kedangkal 6. Selain itu, diumumkan juga ke masyarakat Guntung dan Koba, sampai saat ini tidak ada yang mengenal korban. Kartu Keluarga yang dicocokkan dengan alat ident Polres Bateng rupanya tidak terdeteksi namanya siapa. Jadi, sampai sekarang kita belum tahu identitas korban,” ungkapnya.

Ia menambahkan proses penyelidikan tetap berjalan, namun pihaknya masih minim saksi. Kalau tidak ada yang mengenal korban, maka dipastikan korban bukan warga Bangka Tengah.
“Korban diperkirakan berusia sekitar 30-an tahun itu sudah dikebumikan di TPU Padang Mulya Kecamatan Koba pada hari Selasa. Himbauan, kalau ada masyarakat yang mengenal korban silakan lapor atau beritahukan ke Polres Bateng, Polsek atau pihak berwajib terdekat,” terangnya. (ran/7).

Comment

BERITA TERBARU