Mau Menikah, Calon Pengantin Wajib Tes HIV dan Hepatitis

  • Whatsapp
Kepala Dinkes Bangka, Then Suyanti

RAKYATPOS.COM, SUNGAILIAT– Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangka menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) terkait kesehatan reproduksi calon pengantin dengan lintas agama di Hotel ST12 Sungailiat, Rabu (5/2/2020). Hal tersebut merupakan langkah dalam mempersiapkan kesehatan reproduksi dan masa kehamilan bagi calon pengantin.

“Ini (MoU-red) adalah langkah dalam mempersiapkan calon pengantin, jadi kita sekarang masuk lewat lintas agama. Sebelum ke dukcapil para calon pengantin ini mendapat pembekalan di pembekalan baik secara agama dan secara kesehatannya. Jadi kita masuk secara berbarengan (agama dan kesehatan-red) supaya angka kematian anak dan ibu di Bangka ini menurun,” ungkap Kepala Dinkes Bangka, dr. Then Suyanti usai kegiatan.

Read More

Dia juga mengatakan dinkes akan memberikan edukasi atau pemahaman kepada calon pengantin yang berkenaan dengan kesehatan reproduksi.

“Kita berikan edukasi kepada calon pengantin ini bagaimana cara mengasuh yang baik, sebelum waktu hamil itu bagaimana, terus ketika perawatan hamil bagaimana itu diberi pembekalan semua, jadi tidak asal menikah,” terangnya.

Di Kabupaten Bangka sendiri angka kematian anak dan bayi mengalami penurunan namun pihaknya ingin terus meminimalisir hingga tidak ada lagi kematian anak dan bayi.

“Sekarang memang sudah bagus tapi harus diperkuat lagi karena ibu hamil kalau tidak peduli dengan kehamilannya otomatis asupan gizinya akan kurang dan itu tentunya akan berdampak pada kesehatan bagi calon bayi,” tegasnya.

Dia menegaskan bahwa calon pengantin wajib untuk diperiksa kesehatannya serta wajib untuk mengikuti pembekalan-pembelakan baik dari segi agama maupun dari segi kesehatan.

“Calon pengantin ini wajib di periksa kesehatannya, jadi pemeriksaan kesehatan itu meliputi pemeriksaan HIV, HB, hepatitis dan pemeriksaan lainnya. Misalnya dari calon pengantin ada yang positif maka kita akan berikan edukasi supaya tidak terjadi penularan, itu kan bisa dicegah,” tandasnya.(mla/10)

JustForex

Related posts