Masyarakat Diminta Bijak Gunakan Antibiotik

No comment 206 views

SUNGAILIAT -Dokter spesialis penyakit dalam, Muchlis Achsan Udji Sofro mengajak masyarakat tidak mudah menggunakan obat antibiotik. Hal ini, kata dia, untuk mencegah terjadinya resistensi atau kekebalan kuman di dalam tubuh. Diharapkan masyarakat lebih bijak dalam penggunaan antibiotik.

“Antibiotik bukan obat sakit kepala, obat turun panas dan obat pegal linu. Pola pikir antibiotik sebagai obat turun panas harus diubah. Sebab, menggunakan antibiotik dengan tidak bijak dapat menurunkan kekebalan dan memunculkan kuman,” kata Muchlis ketika memberi materi dalam acara “Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat” di Hotel ST12, Selasa (10/10/2017).

Menurut dia, dari hasil riset kesehatan dasar tahun 2013 sebanyak 27, 8 persen rumah tangga menyimpan antibiotik. Padahal, dalam pemilihan antibiotik yang bijak harus tepat indikasi guna mencegah resistensi. Ia mengimbau agar masyarakat tidak membeli anti biotik sendiri, tidak menyimpan antibiotik sisa dan tidak memberi antibiotik sisa kepada orang lain.

“Masyarakat juga dapat mengingatkan dokter hati-hati dalam memberi antibiotik. Kalau anak-anak ada sakit cacar air, flu, gondokan, pilek, campak, diare, tidak perlu antibiotik. Kalau keluarga dapat antibiotik tolong ditanya kenapa anak diberi antibiotik. Mulai saat ini gunakan antibiotik hanya untuk infeksi oleh bakteri,” ujarnya.

Antibiotik yang selama ini terkandung pada beberapa kemasan banyak diperjualbelikan secara bebas. Menurut dia, kerap terjadi salah dosis ataupun salah obat untuk penyakit yang hendak disembuhkan pasien. Kebiasaan lainnya, masyarakat yang dianjurkan meminum obat antibiotik kerap berhenti ketika sakit telah sembuh, padahal obat antibiotik dari dokter belum lah habis.

“Padahal kalau resep dokter antibiotik harus diminum sampai habis mestinya diminum. Kalau tidak diminum itu lah yang bisa menyebabkan resistensi karena kuman tidak sepenuhnya mati. Meminum habis antibiotik adalah bentuk penggunaan antibiotik yang benar,” jelasnya. (2nd/10)

No Response

Leave a reply "Masyarakat Diminta Bijak Gunakan Antibiotik"