Masyarakat Diimbau Berperan Rawat Jalan

No comment 80 views

Idwan Fikri

 

Bersihkan di Depan Rumah masing-masing

Manggar – Minimnya anggaran rutin perbaikan jalan Kabupaten/Desa membuat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Belitung Timur kewalahan membagi anggaran perbaikan. Untuk itu, diimbau peran dan partisipasi masyarakat agar mau merawat jalan agar lebih tahan lama.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Idwan Fikri saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (4/12/2017) mengungkapkan, setiap tahun sekitar 25 persen dari total volume jalan kabupaten/desa mengalami kerusakan. Padahal, anggaran rutin untuk perbaikan jalan Kabupaten/Desa setiap tahunnya hanya dianggarkan Rp 3 milyar.

“Jumlah ini harus dibagi untuk perwatan rutin jalan di 7 kecamatan. Bayangkan cuma berapa dapatnya, sedangkan jalan yang rusak kian bertambah,” kata Idwan.

Menurutnya, mayoritas kerusakan jalan kabupaten diakibatkan karena kondisi bahu jalan yang banyak ditumbuhi rumput liar. Selain itu, sistem drainase yang tersumbat menyebabkan air sering menggenangi ruas jalan.

“Beban muat kendaraan yang berlebih juga bisa. Cuman paling banyak fakornya karena air dan rumput yang menutupi jalan. Ini akan memperpendek usia jalan,” jelas Idwan.

Idwan pun meminta agar pemerintah desa dan masyarakat dapat membantu merawat jalan di lingkungannya dengan menjaga kondisi bahu jalan. Kerja bakti rutin membersihkan jalan dan saluran air di sekitar rumah penting dilakukan.

“Desa kan sudah ada dana desa, ajaklah masyarakat kerja bakti. Bersihkan yang di depan rumah masing-masing saja atau di lingkungannya, yang jauh dari rumah penduduk biar kita,” ujar Idwan.

Ia pun berharap masyarakat akan jauh lebih peduli akan pembangunan khususnya jalan di Kabupaten Beltim. Mengingat anggaran yang digunakan baik untuk pembangunan dan perbaikan jalan berasal dari uang masyarakat.

“Tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah, kemampuan kita terbatas. Mumpung masih bagus kita rawat bersama, kan yang jalan makai kita juga, kalau sudah rusak kita juga yang susah,” tukasnya.

Saat ini dari total 480,88 kilometer jalan Kabupaten/Desa yang ada di Kabupaten Beltim, 349,15 kilometer dalam kondisi baik, sedangkan 131,73 kilometer dalam kondisi rusak. (yan/3)

No Response

Leave a reply "Masyarakat Diimbau Berperan Rawat Jalan"