Masyarakat Dapat Ambil Bukti Denda Tilang Sambil Jalan

  • Whatsapp
Kajari Belitung Ali Nurudin dan Kepala Kantor Pos Cabang Tanjungpandan Asma Nuzul Pasa membagikan brosur pelayanan.(foto: dodi).

Kejari Belitung Luncurkan Pelayanan Tilang Ngayau

TANJUNGPANDAN – Kejaksaan Negeri (Kejari) Belitung bersama dengan Kantor pos dan BPJS Kesehatan Kabupaten Belitung menggelar pelayanan publik “Tilang Ngayau” di Pantai Tanjung Pendam, Minggu (13/10/2019).

Kegiatan itu merupakan inovasi baru dari Kejari Belitung untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan publik terkait pengambilan bukti tilang.

“Kami Kejaksaan Negeri Belitung bekerja sama dengan PT POS Cabang Tanjungandan, juga dengan BPJS Kesehatan melakukan kegiatan ini dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait dengan denda tilang,” kata Kajari Belitung Ali Nurudin kepada Rakyat Pos.

Hal ini, kata Ali Nurudin, dilakukannya diluar waktu jam kerja dengan harapan, masyarakat dapat memanfaatkan program ini untuk kemudahan pengambilan bukti tilang.

“Ini di luar jam kerja kami sebetulnya, kegiatan ini dilakukan agar denda tilang terhadap warga Belitung, kami harapkan hak ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang berkunjung ke Tanjungpendam,” ujarnya.

Selain itu, nantinya kerja sama antara Kejari Belitung dan kantor Pos Tanjungpandan untuk mengirimkan bukti tilang kepada masyarakat yang ada di perkampungan. Dan juga masyarakat bisa mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS.

“Ini dilakukan agar masyarakat mendapatkan kemudahan dalam pengambilan STNK juga untuk menjadi peserta BPJS. Ini agar dapat mendekatkan diri kami kepada masyarakat,” ucapnya.

“Program ini kami beri nama “Tilang Ngayau”, karena masyarakat dapat mengambil bukti denda tilang sambil jalan-jalan dengan membawa bukti tilang dan foto copy KTP, untuk yang jauh juga sekarang sangat mudah sekali bisa bayar di kantor Pos,” sambungnya.

Sementara itu, Asma Nuzul Pasa selaku Kepala Kantor Pos Cabang Tanjungpandan sangat mendukung sekali. Karena, nantinya masyarakat akan lebih mudah untuk mendapatkan pelayanan.

“Saat ini, Kantor Pos buka setiap hari sampai pukul delapan malam, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir lagi, di hari libur pun bisa membayar denda tilang di kantor Pos terdekat. Nantinya barang bukti yang diberikan kepada kami akan kami kirimkan, sehingga masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh datang,” kata Asma Nuzul Pasa kepada Rakyat Pos.

“Hari ini kita sosialisasikan hal ini, bahwa kantor pos kini sudah bisa membayar denda tilang. Masyarakat tidak perlu datang jauh-jauh itu barang bukti kita kirimkan secara gratis,” ungkapnya.

Selain itu, BPJS Kesehatan Kabupaten Belitung pun ikut dalam program Ngayau. Andri Riko Paltera selaku kepala kantor menjelaskan, bahwa hal ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menjadi peserta BPJS.

“Saya mengajak masyarakat untuk patuh dalam membayar iuran dan mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS. Terima kasih kepada pihal kejaksaan yang telah membantu kami,” ungkap Andri Riko Paltera.

Dirinya berharap program ini akan terus berjalan. Karena dirinya menganggap hal ini bisa mendorong masyarakat patuh dalam membayar iuran BPJS tersebut.

“Saya harap program ini akan terus berkesinambungan di waktu-waktu selanjutnya,” pungkas Andri. (dodi/3)

Related posts