Masyarakat Bisa Buat Hand Sanitizer Sendiri, Begini Caranya

  • Whatsapp
Ketua TPP Bangka, Yusmiati Mulkan saat membuat hand sanitizer di Hutan Kota Sungailiat, Senin (23/3/2020).(foto: Riski Yuliandri)

RAKYATPOS.COM, SUNGAILIAT– Ketua TP PKK Kabupaten Bangka, Yusmiati Mulkan memberikan edukasi pembuatan hand sanitizer sederhana bagi petugas kebersihan dan warga di Hutan Kota Sungailiat, Senin (23/3/2020).

Edukasi tersebut diberikan kepada masyarakat karena saat ini sudah sangat sulit untuk mendapatkan hand sanitizer di pasar maupun di apotik-apotik.

Read More

Pada kegiatan itu, istri Bupati Bangka Mulkan ini mengatakan untuk membuat pembasmi bakteri di tangan tersebut cukup  mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

“Yang kita butuhkan cuma alkohol 70 sampai 90 persen, aloe vera (lidah buaya-red) dalam bentuk gel dan baby oil.  Ketiga bahan ini kemudian dicampurkan dengan merata,” ungkapnya.

Yusmiati juga mengatakan hand sanitizer digunakan hanya untuk saat jauh dari air dan sabun atau saat ketika selesai memegang sesuatu benda yang bersifat umum.

“Memang lebih baik menggunakan air mengalir dan sabun. Cuma hand sanitizer ini juga penting karena bisa dibawa kemana saja dan lebih praktis,” tambahnya.

Dia berharap agar masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan sehingga dapat meminimalisir  terjangkitnya covid-19.

Sementara itu, Bupati Bangka, Mulkan meminta masyarakat untuk disiplin mengikuti aturan-aturan yang diinstruksikan oleh pemerintah pusat maupun daerah.

“Sampai sekarang belum ada warga kita yang positif, mudah-mudahan virus ini tidak sampai ke daerah kita. Untuk itu, masyarakat juga harus bekerjasama dengan pemerintah untuk ikut semua instruksi kita,” ungkapnya.

Pihaknya juga sudah melakukan beberapa kebijakan untuk meminimalisir penyebaran virus corona seperti melakukan kegiatan belajar di rumah masing-masing dan mensosialisasikan pembuatan hand sanitizer.

“Kita minta masyarakat tidak melakukan kegiatan yang bersifat mengumpulkan orang banyak, home schooling tapi orang tua juga harus menjaga anaknya agar tidak kemana-mana,” tegas Mulkan.(mla/10)

Related posts