Masyarakat Basel Diimbau Segera Daftar BPJS

  • Whatsapp
Masyarakat Bangka Selatan antusias mengikuti sosialisasi mengenai BPJS Kesehatan.(foto: raw).

BPJS Sosialisasi ke Tingkat Kecamatan

TOBOALI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) terus mensosialisasikan manfaat mengikuti program BPJS Kesehatan hingga ke tingkat kecamatan.

Sosialisasi ini, dilakukan agar masyarakat mengerti program BPJS Kesehatan. Demikian disampaikan Kepala Layanan Kantor BPJS Basel, Heru Tafsir Minggu (2/4/2017).

“Sosialisasi ini, sudah kita lakukan di beberapa kecamatan seperti di Kecamatan Toboali dan Kecamatan Tukak Sadai. Sosialisasi berbentuk imbauan dan mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kesehatan dengan cara membantu yang kurang mampu melalui BPJS Kesehatan,” katanya.

Dijelaskannya, sosialiasi program BPJS kesehatan bukan hanya untuk masyarakat, sekaligus juga program BPJS Ketenagakerjaan kepada aparat Desa se – Kabupaten Basel. Sebagai implementasi Perpres No. 19 Thn 2016 tentang jaminan kesehatan PPNPN adalah pegawai tidak tetap, pegawai honorer, staf khusus, dan pegawai lain yang dibayarkan oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Sedangkan dari kepala desa hingga perangkat desa masuk dalam segmen kepesertaan Pergawai Pemerintahan Non Pegawai Negeri (PPNPN).

“Untuk kepesertaan BPJS bagi kepala desa dan perangkat desa sudah dimulai pada awal tahun 2017. Program ini penting bagi aparat desa dan BPD. Iuran perangkat desa bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD) atau APBDes. Hal ini untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjadi peserta BPJS. Apalagi aparat desa sebagai ujung tombak pemerintahan yang 24 jam berhubungan langsung dengan masyarakat tentunya memiliki resiko dalam melaksanakan pekerjaan,” jelasnya.

Pihaknya juga mengimbau seluruh masyarakat Kabupaten Basel agar segera mendaftarkan diri ke BPJS, cukup membawa persyaratan seperti fotocopy kartu keluarga, ktp, katu nikah, pas foto dan mengisi formulir yang disediakan di setiap puskesmas.

Sosialisasi ini untuk memberi pemahaman kepada pelaku dan penerima manfaat tambahan seperti penyedia layanan kesehatan (klinik, rumah sakit dan dokter) serta pekerja.
“Kami juga akan launching pendaftaran peserta BPJS, dijadwalkan pada tanggal 5 April nanti di Toboali. Pesertanya kader JKN, dokter dan counter PPOB yang kita tunjuk, sasarnya masyarakat yang belum punya BPJS. Berbagai cara sudah kami lakukan, salah satunya terjun langsung ke masyarakat. Dengan harapan, program BPJS Kesehatan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” pungkasnya. (raw/3)

Related posts