Masyarakat Antusias Ikuti Gaung 1 Muharram 1441 PDIP

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Perlombaan Gaung 1 Muharram yang diselenggarakan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bangka Belitung (Babel) resmi ditutup di Gedung Hamidah Pangkalpinang, Sabtu (21/9/2019).

Hadir Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Babel Didit Srigusjaya pada penutupan sekaligus menyerahkan trofi Juara I yang diraih oleh Rebanna Annisa Sungailiat. Sementara juara II dan II diraih oleh Muslimah Pangkalpinang dan Nurul Yaqin Labu.

Didit menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta dalam lomba ini. Dia juga mengaku terharu dengan antusiasnya peserta yang ingin mengikuti perlombaan ini. “Terima kasih kepada peserta dan dewan juri, karena tanpa mereka acara ini tidak akan sukses. Antusiasnya sangat luar biasa,” ungkapnya.

Didit mengatakan, Gaung Muharram jangan hanya sebagai festival saja. Namun Didit mengajak semua komponen khususnya Umat Muslim agar di bulan Muharram untuk evaluasi diri dan instropeksi diri. “Muharram sebagai bulan instropeksi diri kita, apakah tahun ini sudah lebih baik dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Didit juga menyinggung soal sejarah Muharram yang sangat luar biasa. Dimana Nabi Adam diampuni dosa-dosanya, Nabi Musa diselamatkan dari kejaran Firaun serta Nabi Idris yang sembuh penyakitnya di Bulan Muharram.

Untuk diketahui sebelumnya, Gaung 1 Muharram yang diselenggarakan memperlombakan adzan, MTQ dan rebana untuk kategori remaja, dewasa dan anak-anak yang dimulai pada 14 September 2019, bekerjasama dengan Baitul Muslimin Indonesia Babel ini diikuti 445 peserta yang telah lebih dulu diselenggarakan di tiap kabupaten/kota.

Adapun tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini, dikatakannya, untuk mensyiarkan Agama Islam dan menghidupkan kembali semangat untuk membaca ayat suci Al-Qur’an. Peringatan Tahun Baru Islam ini pun hendaknya dijadikan momentum untuk melakukan introspeksi diri agar menjadi insan yang lebih baik dan semakin bertakwa kepada Allah SWT.

Terpisah Ketua pelaksana kegiatan Imam Wahyudi menuturkan, kegiatan Gaung Muharram dengan tema “Menciptakan Generasi Muda yang Aktif Kreatif Berjiwa Qurani untuk Generasi Umat Masa Depan” ini terselenggara atas kerjasama PDIP Babel dengan Baitul Muslimin Indonesia (BMI) Babel.

“Lewat kegiatan ini, kami PDIP ingin selalu hadir di tengah-tengah masyarakat. Khususnya bertepatan dengan 1 Muharram, kami ingin mensyiarkan Islam dan kemudian memberi ruang bagi masyarakat dari anak-anak hingga orang tua yang punya bakat dan minat untuk ikut dalam perlombaan ini,” pungkasnya.

Hadir dalam final lomba Gaung Muharram 1441 H PDI Perjuangan dan Baitul Muslimin Indonesia Bangka Belitung, Sekjen DPD PDI Perjuangan Babel Herman Suhadi, Komandan Satgas DPD PDI Perjuangan Babel Adet Mastur, Pengurus DPC PDI Perjuangan, Fungsionaris PDI Perjuangan Rina Tarol, Me Hoa, Ketua DPD Baitul Muslimin Babel Imam Wahyudi yang juga Ketua Bappilu Babel, Ketua Panitia Muhammad Rizki, serta kader .(ron/10)

Lomba Rebana
Juara 1 : Annisa Sungailiat
Juara 2 : Muslimah Pangkalpinang
Juara 3 : Nurul Yaqin Labu
Harapan : Az Zahra Bangka Tengah

Lomba Adzan Anak-anak
Juara 1 : Muhammad Putra
Juara 2 : Rainza Berlian Roza
Juara 3 : Azan Al Fajar
Harapan 1 : Muhammad Zain Mukhtar
Harapan 2 : Rifki Fuadi
Harapan 3 : M Sholeh Fauzan

Lomba Adzan Remaja
Juara 1 : Dikky Munarni
Juara 2 : Zainur Basyar
Juara 3 : Bahtiar Yusuf
Harapan 1 : Usnul Arobi
Harapan 2 : Agus Salim
Harapan 3 : Dian Sahputra Wijaya

MTQ Remaja Putra
Juara 1 : Zaynul Basyar
Juara 2 : M Rizky
Juara 3 : Ahmad Zaky
Harapan : M Rizky
(Sumber: Panitia Gaung 1 Muharram PDIP)

Related posts