Masa Tenang, Listrik di Bangka Padam

  • Whatsapp

Bawaslu Pastikan Pengawasan Melekat
PLN Ngaku Gangguan Sistem Kelistrikan

PANGKALPINANG – Pemadaman listrik yang terjadi dimasa tenang, Senin (15/4/2019) malam, telah menjadi isu hangat dan berimbas terhadap kepercayaan publik menghadirkan Pemilu berintegritas di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terutama di Pulau Bangka. Ramainya perbincangan soal keraguan kualitas Pemilu bahkan menyebar luas, baik itu di media sosial (medsos) hingga obrolan grup Whatsapp (WA). Ada yang mempertanyakan kebijakan pemadaman listrik, dan ada pula yang nyeleneh mengaitkan listrik dengan politik.
Sebabnya adalah, tadi malam aliran listrik di sebagian besar Pulau Bangka terjadi pemadaman oleh pihak PLN. Warga mencatat setidaknya ada tiga kali pemadaman listrik dilakukan, dan terlama padam dimulai sekitar pukul 21.30 WIB hingga pukul 23.)0 WIB. Pemadaman dan penyalaan listrik pun dilakukan tidak merata. Sebagian wilayah di Kota Pangkalpinang juga hingga pukul 23.30 WIB masih ada yang padam.
Menanggapi hal itu, Ketua Badan Pengawaas Pemilu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Bawaslu Babel), Edi Irawan ketika dikonfirmasi wartawan semalam sekitar pukul 22.00 WIB mengatakan, terkait pemadaman dan persoalan listrik ini tentunya bukan merupakan kewenangan Bawaslu. Hanya saja, pihaknya memastikan pengawasan yang dilakukan melekat dan masif agar dimasa tenang hingga 17 April mendatang Pemilu dapat berjalan dengan baik.
“Kita tidak punya kewenangan dan diluar tugas dan fungsi kita. Tapi dengan keadaan seperti ini adanya pemadaman listrik, tugas kami memastikan tidak adanya dugaan money politic di masa tenang. Kegiatan pengawasan yang kita lakukan dimasa tenang masif di kabupaten/kota. Karena kami ingin memastikan masa tenang itu benar-benar tenang,” kata Edi via sambungan telepon.
Ia menyampaikan, guna memastikan masa tenang dapat berjalan dengan baik, pihaknya melalui patroli pengawasan terus melakukan pengawasan melekat.
“Kita memastikan tidak ada kegiatan kampanye dan perbuatan money politic oleh okunum partai maupun caleg tertentu,” tuturnya.
Pengawasan juga dilakukan di gudang logistik KPU yang menampung surat suara Pemilu 2019.
“Saya baru pulang dari melakukan pengawasan di gudang logistik KPU di Bangka Selatan. Tadi juga di sana listrik mati, tapi pengawasan terus dilakukan. Begitu juga pengamanan dari pihak kepolisian ketat dan pengamanan terus dilakukan sebelum bergeser dari gudang logistik,” tukasnya.
Terpisah, Ketua KPU Babel Davitri mengatakan, komitmen yang dibangun pihaknya bersama PLN telah dilakukan sebelum masa kampanye 23 September 2018 lalu.
“Untuk Sekretariat KPU Provinsi dan kabupaten/kota tidak ada masalah, sampai nanti saat penghitungan dan mengunggah C1. Masa tenang ini kita berharap semuanya lancar begitu juga dengan PLN,” ujarnya.
“Terkait malam hari ini (listrik padam-red), kami belum mendapat informasi soal pemadaman listrik. Semoga ini hanya persoalan teknis dan kita berharap seluruh peserta pemilu tidak melakukan tindakan yang mengarah kepada pemilu yang tidak berinteritas,” harap Davitri.
Sementara itu, Humas PLN Wilayah Babel, Pandu ketika dikonfirmasi mengakui terjadi pemadaman listrik di beberapa tempat di sebagian Pulau Bangka tadi malam. Pemadaman terjadi karena ada gangguan sistem kelistrikan yang mengakibatkan aliran listrik padam di sistem Pulau Bangka pada pukul 21.30 WIB.
“Saat ini petugas sedang menelusuri penyebab padam dan melakukan penormalan secara bertahap. Prediksi normal sekitar 2-3 jam mendatang. Mohon dukungan doa, agar petugas dapat segera menormalkan kondisi listrik dengan selamat. Petugas PLN Bangka Belitung segera lakukan recovery gangguan listrik yang mengakibatkan padam di sistem kelistrikan,” paparnya via ponsel.
Meskipun begitu, ia menegaskan suplai listrik di KPU tetap menyala setelah dialihkan menggunakan genset yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
“Kami sudah mengantisipati hal-hal yang bersifat force major seperti ini dengan menyiapkan genset di masing-masing KPU,” tukasnya.
Untuk mempermudah masyarakat dan mempercepat layanan, Pandu meminta apabila terjadi listrik padam segera menghubungi layanan 24 jam PLN Contact Center (0717) 123, Twitter @pln_123, Facebook PLN 123, atau Website www.pln.co.id. (ron/nov/1)

Related posts