Maryam Dorong Pengelolaan UMKM

  • Whatsapp

Untuk Dongkrak Perekonomian

KOBA – Anggota DPRD Bangka Tengah (Bateng), Maryam mendorong masyarakat Bateng supaya mengelola potensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mendongkrak perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Seperti yang diungkapkan Maryam bahwa sektor UMKM di Bateng saat ini, sudah mulai tumbuh dan berkembang yang terdiri dari perkebunan, pertanian, peternakan, perikanandan nelayan, perdagangan, dan pengolahan. Sedangkan produk unggulan Bateng yang berpotensi dikembangkan meliputi madu, teh gaharu, minuman jersy, mie Koba, serta produk unggulan lainnya yang terus dikembangkan agar semuanya menjadi ciri khas Bangka Tengah.

“Menurut data Disprindagkop, saat ini jumlah UMKM di Bateng sebanyak 35.625 pelaku terdiri dari, perkebunan, pertanian, peternakan, perikanandan nelayan, perdagangan, pengolahan. Kesemuanya ini memiliki potensi yang bagus. Secara letak geografis dan Sumber Daya Alam Bangka Tengah memiliki peluang untuk pengembangan dibidang UMKM,” ungkap Maryam kepada Rakyat Pos, Jum’at (21/04/2017).

Ia mengatakan, pertumbuhan perekonomian di Bateng terus digiatkan. Menurutnya, semua komponen harus saling bersinergi.

“Pada dasarnya antusiasme masyarakat pun sangat besar terhadap program pemerintah Bateng di bidang UMKM. Namun, kesemuanya ini harus ditata dan disupport secara maksimal, terutama pada bagian pemasaran,” terangnya.

Katanya, beberapa sektor harus menjadi skala prioritas seperti dibidang pariwisata. Karena apabila pariwisata tertata dengan baik dan bersinergi dengan UMKM, maka sangatlah besar pergerakan perekonomian pun semakin meningkat.

Sementara itu, para pelaku usaha pun akan semangkin bergairah dalam menjalankan usahanya dibidang masing- masing.

“Bateng harus terus berupaya agar program yang sudah dijalankan selama ini terus dikembangkan. Dan UMKM dijadikan prioritas untuk digiatkan. Untuk program pencetakan wirausaha baru agar semakin diperhatikan. Masyarakat sangat butuh arahan, mereka memerlukan pembinaan dan pelatihan. Beberapa tahun terakhir gairah usaha di Bangka Tengah sudah semangkin meningkat,” tuturnya.

Diungkapkannya, pemerintah sudah menyediakan beberapa fasilitas penunjang termasuk permodalan pun sudah digulirkan Pemerintah Bangka Tengah meskipun secara bertahap.

Ia selaku Wakil Rakyat memberikan apresiasi terhadap semangat masyarakat dan Pemkab Bateng.

“Kemudian masyarakat pun harus mempersiapkan diri menghadapi semua perubahan menuju kemajuan. Generasi muda pun harus membekali diri agar kedepan bisa mencapai kemajuan dalam keadaan yang sulit sekalipun. Dukungan ini harus diimplementasikan dengan program yang mampu membawa kekhasan Bateng untuk dinikmati bagi semua kalangan. Promosi dan pemasaran harus dilakukan secara profesional dan berkesinambungan,” terangnya.

Ia berharap kedepan BUMD selaku perusahaan daerah di Bateng mau menggandeng para UMKM agar bisa mengelola produk UMKM secara maksimal. Disamping BUMD, Maryam juga menyarankan supaya pemerintah memiliki bidikan disektor lain.

“Kita harus mencari solusi bersama dalam menyikapi persoalan pemasaran selain yang dilakukan masyarakat secara tradisional. Saya perwakilan masyarakat sangat mensuport dan mendukung program pemerintah Bateng dibidang UMKM agar perekonomian masyarakat terus membaik dan terciptanya lapangan kerja serta memaksimalkan kemampuan dan semangat masyarakat Bateng,” pungkasnya. (ran/3).

Related posts