by

Markus: Tradisi Sembahyang Rebut Dukung Pariwisata

Wabup Bangka Barat Markus (tengah) saat menghadiri sembahyang rebut di Dusun Jampan, Desa Kelabat, Kecamatan Parit Tiga, Sabtu malam (25/8/2018). (foto: Hendra Irawan)

PARIT TIGA – Wakil Bupati Bangka Barat, Markus menghadiri acara sembahyang rebut di Dusun Jampan, Desa Kelabat, Kecamatan Parit Tiga, Sabtu malam (25/8/2018). Dalam acara itu, Markus didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat.

“Sembahyang rebut ini untuk mengenang arwah para leluhur yang sudah tiada dan merupakan tradisi warga keturunan Tionghoa atau Khonghucu dan selalu diselenggarakan setiap tahunnya,”ungkap Markus dalam sambutannya.

Dia berharap agar kegiatan sembahyang rebut di daerah Desa Kelabat tetap dapat menjadi agenda tahunan agar dapat mendukung kepariwisataan di Bangka Barat dan dapat menjadi aset budaya yang harus dipertahankan, dikembangkan dan ditingkatkan.

“Saya berharap agar semua warga dapat saling hormat menghormati serta dapat menjaga kerukunan antar sesama dan umat beragama,” pesan Markus.

Disela-sela acara, Markus sempat melontarkan pertanyaan kepada lima orang warga yang terpilih untuk menjawab pertanyaan yaitu menyebutkan Pancasila dan lima desa yang ada di Parittiga. Namun dari pertanyaan yang disebutkan tidak ada satu pun warga yang berhasil menjawab dengan tepat.

Mendapati pertanyaan yang ia berikan tidak mampu dijawab oleh warga, Markus langsung mengingatkan warga agar sebagai warga Indonesia yang baik harus paham dan tau akan Pancasila. Sebagai lambang negara Indonesia, Pancasila kata dia, sila-silanya harus dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, walaupun saling berbeda bahasa, agama dan suku. (wan/10)

Comment

BERITA TERBARU