Markus Diminta Kembalikan Jabatan Kabag Hukum

  • Whatsapp

Rekomendasi KASN Terkait Penurunan Jabatan
Des Kurniawan: Saya Dizhalimi tanpa Pemeriksaan

MENTOK – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) tidak hanya memberikan rekomendasi kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung terkait kekeliruan mutasi dan nonjob pejabat eselon di Pemerintah Provinsi Bangka Belitung beberapa waktu lalu.

Bupati Bangka Barat, Markus juga rupanya diminta mengembalikan salah seorang ASN yakni Des Kurniawan ke jabatan semula atau setara eselon IIIa, setelah diturunkan jabatannya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat. Dan Des melaporkan tindakan bupati berikut baperjakat yang keliru itu kepada KASN beberapa waktu lalu.

Hasilnya, KASN menilai prosedur penurunan jabatan yang dialami Des Kurniawan tidak sesuai prosedur Peraturan Pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS.

“Dengan keluarnya rekomendasi KASN ini kita sudah membuktikan bahwa saya berada dipihak yang benar. Bahwa saya dizolimin tanpa ada pemeriksaan, tanpa ada kejelasan kesalahan saya, apa yang saya lakukan,” ungkap Des Kurniawan saat dihubungi harian ini Rabu (23/10/2019) sore.

Dia menambahkan perjuangan memprotes penurunan jabatannya sebagai ASN tidak sia-sia karena ia tahu betul bahwa tidak bersalah dan proses diambil bupati itu menyalahi prosedur.

“Karena saya yakin saya benar, maka saya lawan, selama ini tidak ada mekanisme pemeriksaan terkait demosi atau penurunan eselon yang saya alami,” tambahnya.

Des berharap agar kawan-kawan ASN yang merasa terzolimi juga untuk melawan jika merasa benar. Ia meminta kepala daerah kedepannya supaya mengikuti prosedur yang benar apabila melakukan demosi atau penurunan jabatan.

Seperti diketahui Des Kurniawan yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Hukum melaporkan Bupati Bangka Barat Markus ke KASN akibat keputusan bupati yang dinilai menurunkan jabatan atau demosi tanpa mekanisme semestinya. (wan/1)

Related posts