Mapala Stisipol P12 Bagikan 100 Masker

  • Whatsapp
Anggota Maspala membagikan 100 masker kepada pengendara yang melintas di seputaran Air Ruai, Rabu (18/9/2019). (foto:Riski Yuliandri)

 

PEMALI – Mahasiswa Stisipol Pahlawan 12 Pecinta Alam (Maspala) membagikan 100 masker kepada pengendara yang melintas di seputaran Air Ruai, Kecamatan Pemali, Rabu (18/9/2019). Kegiatan yang dilakukan pukul 09.00 hingga 10.00 WIB tersebut sekaligus untuk mengingatkan masyarakat agar lebih peduli dengan lingkungan.

Mahasiswa mengkampanyekan kepada masyarakat untuk lebih peduli kesehatan dengan membentang tulisan ‘Masker Gratis, Sayangi paru-paru anda, Kami peduli terhadap kesehatan Anda, dengan tagar Indonesia Darurat Kabut Asap’

Ketua Maspala, Fadel Galieh Panuluh kegiatan tersebut merupakan spontanitas dari mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pecinta Alam karena melihat di sejumlah lokasi di Kabupaten Bangka sudah mulai tertutup dengan kabut asap akibat kebakaran.

“Ini hanya spontanitas saja karena melihat kondisi di Sungailiat ini sudah mulai terkena efek dari kebakaran yang terjadi di berbagai wilayah di Bangka, bukan seberapa nilainya tapi seberapa manfaatnya untuk masyarakat,” ungkap Galieh kepada wartawan disela-sela kegiatan.

Dia mengatakan masker yang diberikan kepada pengendara motor tersebut dibeli dengan uang anggota Maspala yang dikumpulkan secara patungan.

“Kita sengaja bagikan masker ini agar masyarakat kita tau pentingnya untuk menjaga kesehatan terutama saat kondisi udara seperti ini. Kondisi seperti ini sangat tidak sehat terutama bagi masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan,” terangnya.

“Dengan adanya kegiatan kami ini, masyarakat bisa lebih peduli akan lingkungan dan tidak lagi membakar sampah atau membuka lahan dengan cara membakar. Ayo kita jaga lingkungan kita sama-sama, mulailah dari lingkungan kita sendiri dulu,” tambah Fadel.

Sebagai mahasiswa pecinta alam, dia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk merawat dan melestarikan hutan terlebih lagi pohon yang ada merupakan sumber oksigen bagi manusia.

“Alam akan bersahabat dengan kita jika kita juga bersahabat dengan alam, artinya kejadian kabut asap ini tidak akan terjadi kalau bukan kita yang memulainya,” ungkap Fadel.

Galieh juga berharap agar pemerintah segera cepat tanggap mengatasi masalah asap yang terjadi akibat kebakaran beberapa hari belakangan.

“Kami harap pemerintah segera ambil tindakan terhadap kejadian ini, jangan sampai sudah banyak korban baru bertindak,” harapnya.(mla/10)

Related posts