Mantan Karyawan PT BBL Divonis 1,5 Tahun

  • Whatsapp

KOBA – Sudaryono, mantan karyawan PT. Bumi Bangka Lestari yang diduga menggelapkan uang perusahaan sebesar Rp460 juta akhirnya divonis 1,5 tahun penjara. Vonis yang dijatuhkan hakim tunggal Pengadilan Negeri Koba, Senin (1/4/2019) sore itu, lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum yang menuntutnya lima tahun penjara.
Penasihat Hukum PT. BBL, Muhammad Ivan Syahputra menilai hukuman yang dijatuhkan kepada terdakwa tidak sesuai dengan ekspektasi mereka. Sebab, penggelapan uang perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) oleh Sudaryono itu dianggap tidak sebanding dengan vonisnya.
“Memang putusan tidak sesuai dengan ekspektasi kami, putusan 1,5 tahun penjara ini belum sebanding dengan kerugian perusahaan, namun apa boleh buat karena itu sudah keputusan hakim,” katanya.
Dikatakannya, terkait kasus tersebut memang tidak ada batas minimal hukuman dan yang ada hanya tuntutan maksimal lima tahun penjara.
“Jika nanti dipotong masa tahan dan lain sebagainya, kemungkinan yang bersangkutan hanya menjalani hukuman selama sembilan bulan penjara,” ucapnya.
Sudaryono sebelumnya ditangkap pihak Polsek Sungaiselan atas dasar Laporan Polisi Nomor : LP/B-459/X/2018/Babel/Res Bateng/Sek Sungaiselan. Terdakwa diyakini menggelapkan uang perusahaan tempatnya bekerja dengan modus mengajukan dana kebutuhan operasional dari Maret hingga Oktober 2018 senilai Rp460 juta. (ran/1)

Related posts