Mangkir Panggilan Bawaslu, Caleg DPR Partai Demokrat Malah Kirim Surat Sakit Tahun 2018

  • Whatsapp

 

Surat keterangan sakit yang dikirimkan caleg DPR RI, Endang Kusumawaty ke Bawaslu Babel, Selasa (foto:istimewa) 

PANGKALPINANG – Untuk ketiga kalinya, Caleg DPR RI Dapil Bangka Belitung (Babel) dari Partai Demokrat nomor urut 2, Endang Kusumawaty mangkir dari panggilan Bawaslu Babel. Pemanggilan tersebut, terkait dugaan pelanggaran pemilu lantaran memberangkatkan 17 warga untuk ibadah umroh.

Pemanggilan yang pertama dilayangkan Bawaslu pada Jumat (1/3/2019) yang lalu, caleg tersebut berhalangan hadir karena berada di luar daerah (Bandung-red).

Pemanggilan kedua pada Senin (4/3/2019), caleg tersebut juga tidak dapat hadir dengan alasan keterlambatan jadwal pesawat yang tiba di Bandara Depati Amir, Pangkalpinang sekira pukul 17.00 WIB.

Kemudian, pemanggilan ketiga Selasa (5/3/2019), caleg tersebut juga berhalangan hadir dikarenakan sakit dengan disertai surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) Dr. M. Salamun di Bandung, Jawa Barat.

Namun ada kejanggalan terkait alasan caleg tersebut tidak memenuhi panggilan Bawaslu. Pada surat keterangan sakit yang dikirimkan ke Bawaslu ternyata dikeluarkan pada tahun 2018 oleh Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) Dr. M. Salamun di Bandung, Jawa Barat.

Di nomor surat memang tertulis tahun 2019, namun di isi surat mencantumkan yang bersangkutan  perlu dirawat/istirahat 4-6 Maret 2018. Dalam surat tersebut juga tertulis surat dikeluarkan tanggal 4 Maret 2018 yang ditandatangani dokter di rumah sakit itu.

“Artinya ketika yang bersangkutan itu tidak hadir, sebenarnya disaat itu yang bersangkutan itu  mengklarifikasi terkait dengan kejadian itu, bisa dijelaskan kepada kita,” kata Ketua Bawaslu Babel Edi Irawan kepada sejumlah wartawan, Selasa (5/3/2019).

“Tetapi kalau misalnya mereka tidak hadir, bisa saja menjadi suatu bentuk kerugian bagi mereka karena mereka tidak melakukan klarifikasi,” ujarnya. (ron)

Related posts