Mahasiswa UBB Sosialisasi Promosi Pariwisata Berbasis TI



SUNGAILIAT – Mahasiswa KKN UBB XII Tahun 2017 melakukan sosialisasi pengelolaan dan promosi objek wisata di Kelurahan Jelitik Berbasis Tekhnologi Informasi, Senin (7/08) di Kantor Lurah Jelitik.
Hadir sebagai pembicara dalam sosialisasi ini Ghiri Basuki dengan tema “Promosi Destinasi Wisata” dan Eddy Jajang Jaya Atmaja (Kepala UBB Press) mengupas tema “Mengenal Elemen Pariwisata dan Profil Wisatawan”.
Ghiri Basuki yang juga Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN UBB mengatakan, separuh dari 3,6 miliar populasi dunia sudah terkoneksi internet. Kurang-lebih dua miliar mengunakan internet untuk mencari informasi.
“Mengapa harus website? Karena sekarang orang mencari informasi di internet. Bayangkan, betapa besarnya potensi pasar wisata yang bisa kita manfaatkan bila kita menggunakan teknologi informasi berbasis internet,” kata Ghiri.
Salah satu penyebab sulitnya para pencari informasi mencari informasi kepariwisataan di Bangka, kata Ghiri adalah belum tersedianya sebuah sistem informasi pariwisata secara cepat, akurat dan dapat diakses oleh siapa saja tanpa mengenal jarak dan waktu.
Menurutnya, Kelurahan Jelitik memiliki pesisir pantai sebagai objek pariwisata mulai dari Pantai Rambak, Tanjung Pesona, Teluk Uber dan Tikus Emas.
“Pada website itu nanti memaparkan ‘isi’ website, antara lain ‘spot’-‘spot’ , fasilitas dan profil Pantai Tanjung Pesona, Teluk Uber, Rambak dan Tikus Emas,” imbuhnya.
Pada ‘Sosialisasi Pengelolaan dan Promosi Objek Pariwisata Berbasis Teknologi’, mahasiswa KKN UBB mengundang warga masyarakat Jelitik dan dari pelaku industri pariwisata Jelitik.
Kepala Lingkungan Jelitik, Hasan mempertanyakan mengapa masyarakat kurang dilibatkan oleh pengusaha pariwisata dan pemerintah dalam pengembangan pariwisata.
“Pariwisata ini kendalanya pengusaaha dan pemerintah kurang melibatkan masyarakat sehingga masyarakat otomatis kurang kepedulian. Harusnya melibatkan masyarakat. Selama ini seolah-olah masyarakat kurang diikutsertakan jadi masyarakat cuek saja. Bagaimana ke depan lebih melibatkan masyarakat,” harapnya.
Hadir pada sosialisasi tersebut Lurah Jelitik, Meirina Karulin Duwipa dan Kasi Pemerintahan Kecamatan Sungailiat, Ilham.
Website pariwisata Jelitik ini akan diluncurkan (‘launch’) ke dunia maya pada tanggal 21 Agustus 2017, bersamaan dengan berakhirnya KKN di Kelurahan Jelitik, Sungailiat.(snt/6)

No Response

Leave a reply "Mahasiswa UBB Sosialisasi Promosi Pariwisata Berbasis TI"