Mahasiswa STIKES Citra Delima Studi Sejarah ke Muntok

  • Whatsapp
Mahasiswa STIKES Citra Delima Pangkalpinang foto bersama Bupati Bangka Barat, saat melakukan study tour ke Pemkab Bangka Barat, dan tempat-tempat sejarah Kota Muntok, Kamis (11/7/2019).(foto: istimewa).

MUNTOK – Sekolah tinggi ilmu kesehatan (STIKES) Citra Delima Pangkalpinang melalui dosen pengampu mata kuliah Pancasila Rusdiar, mengajak Mahasiswa Semester 2B Strata 1 Ilmu Keperawatan melakukan study tour ke Pemkab Bangka Barat, dan tempat-tempat sejarah Kota Muntok, yakni museum timah, wisma ranggam dan Pesanggrahan Menumbing.

Kegiatan pada Kamis (11/7/2019) lalu itu, tujuannya untuk menambah wawasan Pancasila dan Kebangsaan kepada para mahasiswa.

Kedatangan Mahasiswa STIKES Citra Delima Pangkalpinang disambut baik oleh Bupati Bangka Barat, Markus.

Setelah selesai audensi dengan Bupati, rombongan mahasiswa ilmu keperawatan tersebut langsung mengunjungi museum timah dengan dipandu langsung oleh penjaga museum untuk mempelajari mengenai sejarah tentang timah dan tentang kebangsaan, salah satunya tempat pengasingan Ir.Soekarno dan kawan-kawan.

Kemudian, mereka langsung ke wisma ranggam untuk melihat tempat pengasingan Soekarno dan Muhammad Yamin dipandu langsung oleh pemandu untuk melihat kondisi bangunan dan tempat-tempat dimana mereka merancang segala sesuatu untuk Bangsa ini.

Rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Pesanggrahan Menumbing tempat bersejarah yang penuh nilai historis untuk dipahami dan dipelajari oleh para mahasiswa ini.

“Semoga dengan adanya study tour ini, membuat para mahasiswa memahami tentang wawasan kebangsaan dan mengenang pengorbanan para pahlawan yang berbuat untuk memajukan Bangsa ini. Kegiatan positif ini akan menambah wawasan keilmuan untuk para mahasiswa sebelum mereka melaksanakan ujian akhir semester,” ujar Rusdiar penanggungjawab kegiatan.

Demoga, diharapkannya, ini menjadi pengalaman pembelajaran yang terindah dalam hidup mereka, dan mereka bisa mengaplikasikan semangat para pahlawan dalam kehidupan sehari-hari. (rell/3)

Related posts