Mahasiswa KKN UGM Diharap Buka Wawasan Masyarakat

  • Whatsapp
Pj Sekda Bangka, Akhmad Mukhsin bersama mahasiswa KKN UGM dan dosen pendamping usai paparan program kerja di Kantor Bupati Bangka, Kamis (15/8/2019). (foto: Riski Yuliandri)

SUNGAILIAT – Pj Sekda Bangka, Akhmad Mukhsin berharap mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Bangka dapat membuka wawasan kepada masyarakat. Hal tersebut dikatakan dia, melihat beragam kegiatan kemasyarakat yang sudah dilakukan oleh puluhan mahasiswa KKN UGM sejak 1 Juli 2019 lalu di Kecamatan Sungailiat dan Merawang.

“Mereka (mahasiswa UGM-red) tentu sudah banyak memberikan wawasan dan pengetahuan kepada masyarakat lokal kita. Hal ini merupakan hal yang sangat berarti bagi kami selaku pemerintah daerah,” ungkap Mukhsin setelah melihat pemaparan program kerja KKN UGM di OR Setda Bangka Setara, Kantor Bupati Bangka, Kamis (15/8/2019).

Dia juga berharap dengan berbagai program kerja mahasiswa KKN-PPM tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan pola hidup yang lebih maju. “Dengan pengetahuan dan pengalaman baru ini bisa menjadikan warga kita untuk meningkatkan perekonomian dan pola hidup sehat dan menunjang pencapaian kesejahteraan sesuai dengan visi kita yakni bangka setara,” tambah Mukhsin.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Sungailiat, Adriana mengatakan bahwa KKN tersebut selain untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah. Para mahasiswa juga diajarkan penuh untuk menjunjung tinggi nilai-nilai keberagaman di masyarakat. “Jadi mahasiswa disini selain menerapkan ilmu yang sudah didapat, mereka juga belajar hidup bermasyarakat dengan budaya yang berbeda,” ungkapnya.

Adriana mengharapkan dengan waktu KKN yang singkat, para mahasiswa bisa memberdayakan masyarakat dengan maksimal.”Kedepan jika para mahasiswa ini jadi pemimpin, harus lihat kebawah dulu jangan lihat keatas terus karena itu tidak bagus. Walaupun hanya 50 hari masa KKN nya tapi diharapkan tidak mengurangi peran mahasiswa dalam memberdayakan masyarakat,” terangnya.(mla/10)

Related posts