Mahasiswa KKN UBB Tanam 1600 Pohon

No comment 474 views

PANGKALPINANG – Mengusung tajuk “Gerakan Penanaman 1000 Pohon”, mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) yang tergabung dalam kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Tanjung Sangkar dan Desa Kumbung Kecamatan Lepar Pongok Kabupaten Bangka Selatan, melakukan aksi penanaman 1600 pohon gaharu, Selasa (8/8/2017).
Aksi ini terlaksana berkat kerjasama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Rencananya, aksi penanaman akan dilakukan di sejumlah titik di Desa Tanjung Sangkar dan Desa Kumbung, termasuk pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya, seperti Pulau Pemulut, Pulau Seniur dan Pulau Kelapan.
Ingrid Olivia Lovely, mahasiswa Jurusan Manajemen yang menjadi salah satu penanggungjawab acara mengatakan, aksi ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan lingkungan di Pulau Lepar.
Program ekonomi hijau dengan tajuk “Gerakan Penamanam 1000 Pohon” ini dimulai ditandai dengan pemotongan pita oleh Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan UBB Agus Hartoko, di halaman Madrasah Al-Ukhwah Desa Tanjung Sangkar. Selanjutnya, dilakukan penyerahan bibit gaharu kepada perwakilan Desa Tanjung Sangkar dan Desa Kumbung, dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis oleh masing-masing perwakilan institusi.
Hal yang sama disampaikan Ari Pratama, mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum yang menjadi Ketua KKN di Desa Tanjung Sangkar dan Desa Kumbung. Ia mengatakan penanaman gaharu dilatarbelakangi oleh kondisi di beberapa titik lokasi KKN yang mulai terlihat gersang.
“Sekaligus mengajak masyarakat di sini untuk menjaga lingkungan,” katanya.
Agus dalam sambutannya menyampaikan, penanaman gaharu yang dilakukan di Desa Tanjung Sangkar dan Desa Kumbung merupakan salah satu bukti kerja nyata mahasiswa. Ia berharap, setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa UBB bisa diterima oleh masyarakat, termasuk penanaman pohon gaharu. Apalagi gaharu menurutnya merupakan salah satu tanaman dengan nilai ekonomi tinggi, disamping menjadikan lingkungan tampak asri.
Kegiatan mahasiswa UBB yang sedang KKN ini mendapat apresiasi. Kepala Seksi Pembangunan dan Kesejahteraan Kecamatan Lepar Pongok Feri mewakili Camat Lepar Pongok mengatakan lokasi penanaman yang memang gersang diharapkan dapat menjadi solusi dalam menangani berbagai permasalahan, utamanya lingkungan.
Ikut hadir pada acara ini Kepala Sekolah SMPN 2 Lepar Pongok Khairul Huda, sejumlah perangkat Desa Tanjung Sangkar dan Desa Kumbung, siswa-siswi sekolah yang ada di lokasi penghijauan, serta masyarakat yang ikut membantu proses penghijauan. (rls/ron/1)

No Response

Leave a reply "Mahasiswa KKN UBB Tanam 1600 Pohon"