Mahasiswa KKN UBB Manfaatkan Barang Bekas untuk Cegah Corona

  • Whatsapp
Ember-ember bekas menjadi bermanfaat setelah mendapat sentuhan tangan Mahasiswa KKN UBB Kelurahan Selindung Lama.(foto: ist).

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Pandemi Coronavirus 2019 (Covid-19) yang masih melanda tanah air, termasuk di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), membuat berbagai pihak terus melakukan terobosan bagaimana caranya agar bisa menghentikan virus mematikan tersebut.

Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) misalnya, melalui kegiatan KKN di Kelurahan Selindung Lama, Kota Pangkalpinang, Babel, terhitung 13 Juli hingga 19 Agustus 2020, mereka menemukan inovasi baru dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di lingkungan sekitar untuk mencegah virus corona.

Salah satu barang bekas itu adalah Ember Cat yang sudah tidak terpakai lagi. Oleh Mahasiswa KKN UBB, Ember Cat itu dibersihkan lalu diukir dengan cat berwarna-warni.

Ember-ember bekas yang telah dimodifikasi ini, kata para Mahasiswa KKN UBB Selindug Lama, nantinya akan dibagikan ke masyarakat sebagai tempat cuci tangan.

Baca Lainnya

Pemanfaatan barang-barang bekas untuk mencegah Corona ini, dikerjakan sebanyak 15 Mahasiswa KKN UBB Selindung Lama, dengan mengusung tema “Rainbow at The New Normal” atau Pelangi Kenormalan Baru.

Rencananya, tempat cuci tangan ini, akan ditempatkan diberbagai titik di setiap RT yang ada di Kelurahan Selindung Lama.

Ketua Divisi Lingkungan KKN UBB Kelurahan Selindung Lama, Galuh mengatakan, pembuatan tempat cuci tangan ini, bertujuan untuk mengajak masyarakat Kelurahan Selindung Lama agar lebih rajin mencuci tangan sekaligus mensosialisasikan bagaimana cara mencuci tangan yang benar sesuai dengan protokol kesehatan. “Ini dilakukan sebagai upaya kami mengajak masyarakat mencegah Covid-19,” ujarnya.

“Melalui pembuatan tempat cuci tangan ini, Tim KKN UBB Kelurahan Selindung Lama secara tidak langsung mengedukasikan pentingnya mencuci tangan dan menjaga kebersihan melalui gambar dan kata-kata imbauan yang tertera di tempat cuci tangan. Mari Jaga Kesehatan Diri Dengan Mencuci Tangan,” terang Galuh.

Tak hanya sampai disitu, inovasi corona ini, ditambahkan dia, sebagai satu upaya Mahasiswa KKN UBB untuk mengajak masyarakat memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar tempat tinggal menjadi barang yang bermanfaat, bahkan menjadi barang bernilai ekonomi.

Devi Valeriani Dosen Pembimbing Lapangan KKN UBB Selindung Lama sangat mengapresiasi kreativitas Tim KKN UBB Kelurahan Selindung Lama, karena program kerja yang ditelorkan memberi manfaat bagi masyarakat, terutama di masa Corona saat ini.(rel).

Related posts