Mahasiswa KKN UBB Ciptakan Mesin Pencacah Kelapa Sawit

  • Whatsapp
Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh bersama Mahasiswa KKN UBB di Kelurahan Sungai Selan melakukan ujicoba hasil karya mahasiswa yakni mesin pencacah kelapa sawit untuk menyiapkan makan ternak sapi diwilayah itu. (foto: tamimi).

KOBA – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bangka Belitung (UBB) di Sungai Selan, Bangka Tengah, menciptakan mesin pencacah kelapa sawit. Karya yang diapresiasi Bupati Ibnu Saleh tersebut berguna untuk menyiapkan pakan ternak sapi milik petani diwilayah itu.

Ketua KKN UBB di Kelurahan Sungai Selan, Fiqih Akbar menyampaikan, teknologi pencacah kelapa sawit itu membantu masyarakat dalam menyiapkan makan ternak sapi.

“Harapan kami, mesin pencacah karya KKN UBB ini akan memberikan pertumbuhan ekonomi terkhusus masyarakat Sungai Selan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bateng Ibnu Saleh mengucapkan terima kasih kepada Mahasiswa KKN yang telah belajar di Sungai Selan, Bangka Tengah. Menurutnya, Sungai Selan merupakan pusat belajar dari seluruh Indonesia tentang integrasi antara sapi dan sawit.

“Kami akan mengembangkan berbagai teknologi terkhusus dalam pengembangan sapi. Di tengah teknologi yang semakin canggih dan mahal saya harapkan bisa menemukan teknologi yang murah dan efisien,” ujarnya.

Bupati berkeinginan agar profesi petani disebut sebagai pengusaha pertanian yang memiliki SDM yang unggul di bidang pertanian.

“Usahakan teknologi yang ada di petani itu untuk menekan biaya produktifitas dan meningkatkan harga komoditas,” ungkapnya.

Ia berharap kepada mahasiswa, terus ciptakan inovasi yang lebih baik lagi untuk menjadikan Bangka Tengah semakin unggul.

“Teknologi inovasi terus menerus diciptakan untuk mewujudkan Bangka Tengah semakin unggul dan terdepan,” tutupnya. (ran/3).

Related posts