Mahasiswa Baru UBB Ikuti “Petuah”

No comment 434 views

Kegiatan Petuah di Kampus Terpadu UBB, Minggu (24/9/2017). (foto:ist)

MERAWANG- Kurang lebih 1.172 mahasiswa baru Universitas Bangka Belitung (UBB) dari berbagai jurusan mengikuti program Petuah (Perkemahan Sabtu-Ahad) di Kampus Terpadu UBB, Sabtu- Minggu (23-24/9/2017).
Inti dari Petuah adalah untuk memberikan ilmu tentang pendidikan karakter dan pengembangan diri mahasiswa baru. Kegiatan yang dikemas dengan ringan namun memiliki makna serta manfaat untuk mahasiswa ketika menelisik kehidupan kampus. Oleh karena itu, para mahasiswa baru diwajibkan untuk dapat mendedikasikan ilmunya dan kepribadiannya secara mentalitas, moralitas dan berintelektualitas.
Rektor UBB Dr. Ir. Muh. Yusuf M.Si mengatakan Petuah sendiri sebenarnya baru dilaksanakan pada tahun ajaran ini yaitu tahun 2017/2018 dan dikhususkan untuk mahasiswa baru. “Petuah ini adalah acara yang pertama dalam pendidikan karakter, kita ingin mencoba suasana yang baru,” ujar Muh.Yusuf. 
Kegiatan Petuah ini didukung juga atas kerja sama Pihak Komando Resort Militer (Korem) serta lini organisasi kampus, tenaga pendidik dan kependidikan, Badan Eksekutif Mahasiswa-Keluarga Mahasiswa (BEM KM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Adapun salah satu UKM yang dilibatkan seperti Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), Komunitas Pencinta Alam Sosial (Kompas), Pramuka, Komunitas Photographer (Koper) dan lainnya. Dengan runtutan kegiatan dimana mahasiswa baru dikelompokkan per tiap kategori, yakni mental, moral dan intelektual. Kelompok-kelompok ini kemudian diberikan games yang harus dipecahkan kata sandinya dan diakhiri dengan penemuan bendera.
Makna dari kegiatan ini sendiri adalah untuk melatih ketangkasan, kesolidan dan kekompakan tim dalam memecahkan masalah untuk mencapai tujuan yang sama. Dan pemenang dalam games ini dimenangkan oleh Regu Mental yang dikoordinir oleh UKM Kompas.
Dalam pembukaan Petuah itu turut dihadiri oleh Wakil Rektor I Dr.Ir. Ismed Inonu M.Sc dan Wakil Rektor III Fadillah Sobri S.T.M.T dan jajaran lainnya. (rls/10)

No Response

Leave a reply "Mahasiswa Baru UBB Ikuti “Petuah”"