Mabes Polri Sikat TI DAS Pilang

No comment 290 views

Polisi Air dari Mabes Polri menangkap penambangan timah ilegal di Daerah Aliran Sungai (DAS) Pilang Desa Dukong Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Sabtu (14/10/17).
Awalnya, petugas melakukan operasi penyisiran di aliran sungai menggunakan Sea Rider boat mendapati beberapa set tambang inkonvensional (TI) rajuk yang sedang beroperasi.
“Waktu itu saat tim dari Mabes Polri yang menggunakan kapal Sea Rider KP Kutilang 5005 milik Ditpolair Baharkam (Badan Pemeliharaan Keamanan) Polri melakukan patroli rutin ke perairan tersebut, mereka mendapati penambangan tanpa izin di daerah itu,” jelas Kasat Polair AKP Suseno Joko Mulyo seizin Kapolres Belitung, AKBP Sunandar kepada Rakyat Pos, Senin (16/10/17).
Dari hasil operasi tersebut petugas berhasil mengamankan dua ponton TI rajuk dan dua orang tersangka.
“Dari itu petugas berhasil mengamankan dua orang tersangka, Sulhan (30) dan Denta fajar Munggara Krismanday (20),” kata Suseno.
Ia menjelaskan, dalam penanganannya Mabes Polri melimpahkan kasus ini ke Sat Polair Polres Belitung.
“Mereka hanya mengamankan, untuk penyidikan lebih lanjut kini di kita (Polair), perkaranya sudah dilimpahkan ke Polres Belitung,” ujarnya.
Kini, dua tersangka tersebut sudah dilakukan penahanan di Polres Belitung, tersangka diduga melakukan penambangan tanpa izin. serta barang bukti berupa 1 karung pasir yang diduga timah, 2 mesin hisap, selang, pipa dan juga drum plastik sudah diamankan.
“Tersangka sudah kita lakukan penahanan, barang bukti juga sudah kita amankan, mereka kita kenakan pasal 158 Undang-Undang Nomor 4 tahun 2009 tentang Minerba Junto pasal 55 ancaman maksimal 10 tahun dan denda 10 milyar,” sebutnya.
Disamping itu, kedua tersangka tersebut mengatakan bahwa dirinya hanyalah sebagai pekerja yang mendapatkan upah.
“Kami cuma kerja bang, kami mendapatkan upah 1 kilonya Rp 10 ribu per orang, kalau aku (sulhan) sudah satu minggu bekerja, kalau dia (Fajar) belum lama bekerjanya baru satu hari,” jelas Sulhan kepada Rakyat Pos.
Sulhan (30) juga menjelaskan, bahwa dia bekerja di Daerah Aliran Sungai (DAS) Pilang tersebut lantaran cukup membuahkan hasil. Menurutnya, dari hasil tersebut dirinya bisa untuk menghidupi keluarganya.
“Lumayan hasilnya disitu, dapatlah 30 kg per harinya, hasil tersebut untuk menghidupi keluarga saya, kalau di daerah lain kurang,” terangnya. ()yan/6

 

No Response

Leave a reply "Mabes Polri Sikat TI DAS Pilang"