Mabes Polri Amankan Kapal Trawl di Toboali, Kasusnya Dilimpahkan ke DKP

  • Whatsapp
Empat kapal trawl yang diamankan Mabes Polri bersama Polda Babel dan Polres Basel (foto: istimewa)

TOBOALI – Sebanyak empat unit kapal trawl yang ditangkap Tim Gabungan Baharkam Mabes Polri, Ditpolair Polda Babel dan Satpolair Polres Basel pekan lalu telah dilimpahkan penyidikannya ke Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Babel.

Kapolres Bangka Selatan AKBP Aris Sulistyono dikonfirmasi membenarkan pelimpahan hasil tangkapan tim gabungan tersebut. Menurut dia, hal tersebut sesuai dengan arahan dari Menteri Kelautan dan Perikanan beberapa waktu lalu.

“Untuk nelayan kecil dilakukan pembinaan secara optimal oleh dinas kelautan dan perikanan serta kementerian, sehingga tindaklanjut dari penangkapan ini kita limpahkan ke DKP Babel dan kita tetap mendukung secara optimal DKP,”  kata Aris saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (10/7/2019).

Terpisah, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Bangka Belitung, Dasminto dikonfirmasi via ponselnya membenarkan hasil penangkapan empat unit kapal trawl diserahkan ke DKP Babel.

“Berdasarkan keterangan penyidik kita, dari BAP polisi, kapal trawl yang ditangkap ukurannya kecil, jadi kalau kapal kecil yang dilakukan adalah pembinaan dan jaringnya disita,” jelas Dasminto.

Sebelumnya, nelayan Batu Perahu mengeluhkan aktivitas ilegal di perairan laut Bangka Selatan. Gabungan nelayan Basel bahkan sempat berjalan kaki dari Toboali menuju Pangkalpinang untuk menyampaikan aspirasi atas aktivitas ilegal trawl ini.

Ketika itu, nelayan bertemu dengan Gubernur Babel dan Ketua DPRD Basel. Nelayan bahkan berdemo di Polda Babel. Anggota DPRD Basel Musani juga berharap Provinsi Babel dan Pemkab Basel segera memberikan solusi terbaik atas aktivitas ilegal trawl ini.

Musani juga mengingatkan aparat, LSM dan wartawan jangan memberi ruang gerak bagi aktivitas ilegal ini karena hal ini akan membuat aktivitas tersebut terkesan dilindungi.

Pada awal Januari lalu tepatnya Jumat (4/1/2019), DKP Provinsi Babel melakukan pendataan kapal trawl di Suka Damai Toboali. Hasilnya terdapat 150 kapal trawl di Suka Damai Toboali. Dari 150 kapal tersebut pemiliknya sebanyak 79 orang. (raw)

Related posts