by

Lomba Desa untuk Mendorong Pembangunan Masyarakat

Pembukaan Penilaian Lomba Desa di Bangka Selatan ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Basel Justiar Noer yang diwakili Asisten Kesra Setda Bangka Selatan, Asri Husman. (foto: dedi).

Tim Provinsi Nilai Desa Gadung

TOBOALI – Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Bangka Belitung Kamis (11/4/2018) secara resmi melakukan penilaian Desa Gadung, yang mewakili Lomba Desa Tingkat Provinsi tahun 2018.

Acara penilaian lomba desa ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Basel Justiar Noer yang diwakili Asisten Kesra, Asri Husman.

Dalam sambutannya Asri mengungkapkan lomba desa/kelurahan memberi arti pada percepatan pembangunan di desa/kelurahan yang dilaksanakan secara gotong royong dalam segala bidang, baik bidang pendidikan, bidang kesehatan masyarakat, serta bidang ekonomi masyarakat.

Selain itu, beberapa bidang lainnya yang juga mengalami percepatan pembangunan adalah bidang keamanan dan ketertiban, bidang partisipasi masyarakat, bidang pemerintahan, bidang lembaga kemasyarakatan serta PKK.

“Semua bidang tersebut menyatu dalam pencapaian kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” kata Asri.

Menurutnya, lomba desa adalah sebagai salah satu untuk mendorong usaha pembangunan masyarakat atas dasar tekad dan kekuatan sendiri yang sekaligus mengevaluasi keberhasilan usaha-usaha masyarakat dalam pembangunan desa dengan melihat lonjakan perkembangan pembangunan desa dan kelurahan selama dua tahun terakhir.

“Selain itu lomba desa ini juga bertujuan untuk melihat tahapan dan menentukan keberhasilan perkembangan desa dalam kurun waktu Januari hingga Desember,” imbuhnya.

Ia menambahkan sesuai dengan Permendagri No 81 tahun 2015 lomba desa merupakan evaluasi untuk menentukan capaian hasil perkembangan desa untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, daya saing yang sesuai dengan nilai Pancasila.

Dan tahun ini, Desa Gadung menjadi wakil Bangka Selatan dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Babel tahun 2018. Saat ini, semua desa di Basel telah menggunakan sistem keuangan desa (sikuedes). Turut hadir dalam acara tersebut, Tim Penilai Lomba Desa, Karnolus, Kepala SKPD Basel.

Sebelumnya, Terpilihnya Desa Gadung mengikuti lomba Desa tingkat Provinsi Babel pada 12 April mendatang berdasarkan hasil penilaian oleh tim kecamatan dan kabupaten beberapa waktu lalu.

Desa Gadung merupakan desa terbaik di Bangka Selatan tahun 2018, sehingga berhak menjadi wakil Bangka Selatan ke tingkat Provinsi Babel.

Demikian dikatakan Kades Gadung Ahmad Basahir kepada wartawan beberapa waktu lalu. “Alhamdulillah tahun ini Desa Gadung menjadi desa terbaik pertama di Kabupaten Bangka Selatan dan berhak menjadi wakil Bangka Selatan dalam Lomba Desa tingkat Provinsi Bangka Belitung,” jelas Basahir.

Menurutnya, Desa Gadung sudah dua kali mewakili Desa di Kabupaten Basel dalam lomba Desa tingkat Provinsi Babel.

“Pembinaan menuju lomba Desa tahun 2018 telah dilakukan oleh Dinas Sosial PPAPMD, Dinas Pendidikan danKesbangpol Pemkab Basel. Kita harapkan tentunya tahun ini hasil optimal dan Desa Gadung bisa mengharumkan nama Bangka Selatan di Provinsi Babel,” pungkasnya. (raw/3)

Comment

BERITA TERBARU