LKBN Antara Gelar Pelatihan Foto Jurnalistik

  • Whatsapp
Pelatihan foto jurnalistik bagi wartawan media lokal dan pers mahasiswa di Warkop Papa, Pangkalpinang, Senin (19/8/2019). (foto: Roni Bayu) 

PANGKALPINANG – Perum LKBN Antara menyelenggarakan pelatihan foto jurnalistik bagi wartawan media lokal dan pers mahasiswa se-Bangka Belitung (Babel).

Pelatihan yang diselenggarakan di Warkop Papa, Pangkalpinang selama dua hari, mulai Senin (19/8/2019) ini menghadirkan fotografer Antara, Mosista Pambudi.

Direktur Keuangan dan SDM LKBN Antara, Nina Kurnia Dewi mengatakan digelarnya pelatihan foto jurnalistik sebagai sumbangsih pihaknya sebagai perusahaan BUMN kepada negeri.

“Tahun ini kami menyelenggarakan kegiatan pelatihan foto berita. Fokus kita ingin memberikan ilmu kepada para jurnalis, bagaimana teknik mengambil foto berita yang baik,” ujar Nina Kurnia Dewi saat pembukaan pelatihan.

Dia menilai, saat ini foto lebih banyak bicara daripada teks yang menimbulkan semangat dan rasa menyentuh secara mendalam. Apalagi di dunia digital, kata Nina, karya foto semakin banyak ditampilkan.

“Ini bagian dari merenda dan sedekahkan ilmu fotografi yang diberikan Antara, karena ilmunya bermanfaat dan peserta ambil manfaat sebanyak-banyaknya dari pengajar nasional dan internasional yang kami hadirkan,” ulasnya.

Salah satu pemateri, Mosista Pambudi mengajarkan dasar-dasar fotografi, dibumbui dengan contoh hasil foto yang memiliki nilai dan karya artistik serta foto jurnalistik.

“Mengambil foto, yang perlu diperhatikan adalah pencahayaan, komposisi foto, kemudian sudut pengambilan,” tutur fotografer Antara pada tahun 1993 yang juga aktif sebagai pengajar di galeri jurnalistik Antara.

Pelatihan foto jurnalistik ini dimulai Senin (19/8/2019), diawali dengan pembukaan, materi dan hunting foto. Di hari kedua, Selasa (20/8/2019) pelatihan akan dilanjutkan dengan coaching clinic dan diskusi mengenai hasil foto. (ron)

Related posts