Lindungi Anak, Sekolah Diminta Lebih Protektif

  • Whatsapp

Zaky: Kasus Predator Anak, Jadi Pelajaran

PANGKALPINANG – Ketua Komisi I DPRD Kota Pangkalpinang, Zaky Yamani meminta sekolah yang ada di Pangkalpinang lebih protektif terhadap anak didiknya. Para pelajar yang dititipkan di sekolah, kata dia harusnya dilindungi semaksimal mungkin oleh sekolah.

Menurut Zaky, langkah tersebut penting untuk menghindari segala kemungkinan buruk yang dapat mengancam para generasi muda tersebut. Apalagi menyikapi kasus dugaan pelecehan seksual terhadap siswa terjadi di Pangkalpinang beberapa waktu lalu.

“Kasus predator anak terselubung di sekolah menjadi pelajaran berharga bagi seluruh sekolah. Ini harus kita sikapi. Sekolah wajib lebih protektif untuk menjaga anak-anak,”ungkap Zaky kepada wartawan, Kamis (6/4/2017).

Baca Lainnya

Menurut dia, beberapa sekolah sepakat dan berkomitmen, pendidikan peserta didik yang utama dan harus dilindungi. Selain itu semua sekolah sepakat mengecam keras perbuatan ‘predator anak’ tidaklah manusiawi dan tidak pantas dilakukan tenaga pendidik.

Kepada aparat penegak hukum, dia berharap agar dapat menghukum pelaku dengan tegas dan seadil- adilnya sesuai dengan aturan yang ada. Permasalahan seperti ini, kata dia, jangan dianggap sepele sehingga hukumnya tidak maksimal dan membuat masyarakat apatis kepada hukum yang ada.

“Kami yakin polisi, kejaksaan dan pengadilan dapat memberikan hukuman kepada predator anak tersebut dengan setimpal,”harapnya.

Politisi Partai Demokrat ini menyebutkan agar orangtua juga tidak melepas pengawasan sepenuhnya ke sekolah, karena anak ini tanggung jawab bersama sehingga pengawasan dari orang tualah yang paling penting.

“Untuk sekolah dan dinas sendiri harus lebih selektif dalam menjaring tenaga pendidik sehingga kejadian seperti ini tidak terjadi lagi. Selain itu sekolah juga harus terbuka kepada wali murid jangan pernah ditutupi. Karena apabila ada permasalahan, jika sudah naik kepermukaan murid, orangtua dan sekolah lah yang dirugikan,”katanya. (bum/10)

Related posts