Lima Penyandang Disabilitas Netra Terima Bantuan Usaha Kemandirian

  • Whatsapp
Anggota Komisi IV DPRD Babel, Ustad Dede, Novelia Handayani mewakili Kepala Balai Rehabilitasi Kemensos RI dan Jajaran Dinsos Babel foto bersama Penerima Bantuan.(foto: wahyono).

PANGKALPINANG – Sebanyak lima orang Penyandang Disabilitas Netra, menerima bantuan Usaha Kemandirian dari Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkerja sama dengan Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra “TAN MIYAT” Kementerian Sosial RI yang ada di Bekasi.

Penyandang Disabilitas Netra penerima Usaha Kemandirian tersebut adalah, Alfian asal Kelurahan Kacangpedang Pangkalpinang, Budi Firdaus Kelurahan Air Mawar Pangkalpinang, Agus Surya Ramadhan Kelurahan Parit Lalang Pangkalpinang, dan Supriyanto Kelurahan Melintang Pangkalpinang.

Keempat orang itu, memperoleh masing-masing peralatan untuk usaha pijat berupa Kipas Angin, Gorden, Lemari, Minyak Zaitun, Handuk, Seprei dan Sarung Bantal.

Sedangkan satunya lagi atas nama Zailani, asal Desa Kace, kecamatan Mendobarat, Kabupaten Bangka, karena keahliannya di bidang seni music, maka diberi bantuan 1 unit handphone samsung untuk usaha order musik.

Acara serah terima bantuan berlangsung di Kantor Dinsos Provinsi Babel, Jumat (8/11/2019), dihadiri Ustad Dede Purnama Alzulami yang juga Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Babel, Novelia Handayani mewakili Kepala Balai Rehabilitasi Kemensos RI, dan jajaran Dinsos Babel.

Ustad Dede mengharapkan agar bantuan yang merupakan pancingan ini, dapat menjadi motivasi bagi para penerima untuk lebih giat berusaha dan berinovasi, sehingga dapat menjadi mandiri.

Selain itu, Ia juga berharap Kementerian Sosial RI untuk senantiasa memberikan dukungan terhadap Kesejahteraan Penyandang Disabilitas di Babel.

Pada kesempatan sama, Novelia Handayani mewakili Kepala Balai Rehabilitasi Kemensos RI, sangat merespon baik kerja sama antara Dinas Sosial Provinsi Babel dengan Kementerian Sosial RI. Dan Ia berharap, bantuan ini dapat meningkatkan kemandirian Penyandang Disabilitas Sensorik Netra.

Terpisah, Kepala Dinsos Babel, Aziz Harahad mengatakan, Dinsos memberikan kesempatan kepada seluruh Penyandang Disabilitas yang ingin mengikuti pelatihan keterampilan dengan cara mendaftarkan diri ke Dinsos Kabupaten/kota, sehingga dapat diseleksi dan diikutsertakan dalam program pelayanan yang diselenggarakan oleh pihak Kemensos RI.

Untuk tahun ini, dikatakan Aziz, Kemensos khususnya Balai Rehabilitasi Sosial Vokasional Bina Daksa Cibinong, telah melaksanakan seleksi bagi 10 orang Penyandang Disabilitas di Babel untuk mendapatkan kesempatan belajar di sana, dan pengumuman kelulusan akan dilaksanakan pada bulan November ini.

“Pengiriman siswa – siswi akan dilaksanakan pada bulan Januari 2020. Dengan adanya pendidikan itu, kami harapkan seluruh Penyandang Disabilitas di Provinsi Babel, ke depan memiliki kesempatan yang sama bekerja di berbagai bidang,” ujarnya. (vip/wyn/3).

Related posts