Lima Pelaku Narkoba Diciduk Timgab

  • Whatsapp
Para pelaku narkoba hasil penggerebekan tim gabungan di kos-kosan dan rumah kontrakan, tampak saat hendak diangkut ke Kantor BNNK Pangkalpinang, kemarin. Termasuk sepasang anak dibawah umur diangkut petugas karena berduaan di dalam kosan. (Foto: Bambang Irawan)

Petugas Gerebek Kosan dan Rumah Kontrakan
Pasangan Anak Bawah Umur Ikut Diangkut

PANGKALPINANG – Tim gabungan (Timgab) yang terdiri dari Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Pangkalpinang, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), TNI dan aparat kepolisian, berhasil menjaring lima terduga pelaku penyalahgunaan narkoba, Senin (15/5/2017).
Para pelaku narkoba tersebut diamankan dari dua tempat berbeda, yakni rumah kos-kosan yang berada di Kelurahan Gabek, Kecamatan Gabek, dan kosan di Kelurahan Semabung, Kecamatan Bukit Intan Kota Pangkalpinang. Kelima pelaku yang diduga mengkonsumsi narkoba tersebut, dua diantaranya perempuan dan tiga lelaki langsung digelandang ke BNNK Pangkalpinang.
Kepala BNNK Pangkalpinang, AKBP Ichlas Gunawan mengungkapkan, razia terhadap pelaku penyalahgunaan dan peredaran narkoba ini dilaksanakan termasuk salah satu kegiatan rutin BNNK.
“Razia yang kita laksanakan ini sudah ketujuh kali di Kota Pangkalpinang. Sasarannya memang kita fokuskan di beberapa tempat kos yang disinyalir sering kali digunakan sebagai tempat penyalahgunaan dan peredaran narkoba,” ungkapnya kepada Rakyat Pos usai razia itu.
Ia membeberkan, pelaku peredaran sekaligus penyalahgunaan narkoba yang berhasil dibekuk pihaknya selama periode Januari hingga Mei 2017 berjumlah 30 orang.
“Untuk hari ini (kemarin-red), kita dapatkan lima orang. Dua terinfeksi sebagai pengguna sabu-sabu, satu ganja dan 2 BZO (Benzodiazepin),” bebernya.
BZO adalah golongan obat yang berkhasiat anxiolitik, hipnotik, pengendur otot, dan anti-konvulsif yang dipakai untuk penanganan kecemasan serta insomnia. Beberapa Benzodiazepin mempunyai khasiat hipnotik dan anxiolitik.
“Mereka akan kita lakukan assesment, juga akan kita dalami. Kita lihat nanti keterlibatan mereka dalam peredaran ini. Kalau memang nanti mereka sebagai pengguna murni, kita akan rehabilitasi sesuai dengan ketentuan yang ada di kita,” tegas Ichlas.
Sementara itu, seorang pemilik kos di Kota Pangkalpinang, YN tampak mengelak ketika diwawancarai awak media dan hanya sepatah, dua patah kata saja yang keluar dari mulutnya.
“Gak, mereka baru semalam menginap di sini. Saya tidak kenal dengan mereka,” elaknya.
Selain mengamankan lima terduga pelaku narkoba, petugas gabungan juga berhasil menciduk pasangan yang diduga telah berbuat mesum di siang bolong di rumah kontrakan.
Dua sejoli yang diduga akan berbuat tidak senonoh itu, juga terindikasi mengkonsumsi narkoba jenis sabu-sabu.
Pasangan yang diduga bukan suami istri tersebut tak berkutik setelah petugas menggerebek kosannya. Keduanya yang masih dibawah umur juga digelandang aparat ke Kantor BNNK Pangkalpinang. (bis/1)

Related posts