Libur Sekolah Bukan Sekedar Bermain

  • Whatsapp

Oleh: Bian
Warga Desa Jelutung Kabupaten Bangka Tengah

Mungkin dari kita sudah tahu mendengar lagu yang berjudul “libur telah tiba” yang dinyanyikan oleh Tasya Kamila. Ya, memang betul, judul lagu ini mengingatkan kita betapa senangnya libur sekolah yang panjang telah tiba di hadapan kita, terutama bagi siswa SD, SMP, dan SMA. Ya, itu hal yang paling penting bagi siswa-siswi kita untuk memanfaatkan liburan sekolah sebaik mungkin.
Biasanya, pasca pengambilan hasil penilalian siswa atau rapor, maka otomatis siswa dinyatakan libur akhir semester dan bergembira waktu liburan sekolah telah tiba. Jadi, tak tanggung-tanggung para siswa untuk melakukan aktivitas selama liburan sekolah yang selama dua minggu saja. Untuk itu, perlu adanya kegiatan-kegiatan yang mengisi waktu liburan untuk hal-hal yang berbau positif.
Bagaimana caranya? Caranya adalah pergi ke tempat sesuatu yang belum pernah dikunjungi atau melakukan refreshing untuk menyegarkan pikrian. Pergi ke tempat yang belum pernah dikunjungi atau kunjungan lapanagan membuat para siswa merasa ingin tahu akan hal-hal yang baru. Otomatis, mereka tidak akan merasa bosan apabila mereka berkunjung ke tempat dengan suasana yang menarik seperti tempat wisata sejarah, kebun binatang, dan agrowisata. Tempat wisata sejarah, kebun binatang, dan agrowisata sangat cocok bagi siswa, karena mereka ingin mendapatkan pengetahuan-pengetahuan tentang sejarah peninggalan kuno, mengenal nama-nama hewan, serta mengenal nama pohon dan buah yang jarang ditemukan, dan melakukan observasi di tempat tersebut untuk melakukan penelitian.
Dan juga tempat-tempat yang mengandung nilai edukasi seperti perpustakaan kota atau provinsi, museum, dan lain sebagainya. Jadi, tempat seperti ini, lebih bagus dan sangat tepat selagi libur juga mendapat wawasan ilmu pengetahuan, agar mereka selama liburan, ilmu pengetahuan mereka tidak akan pernah kosong di benak mereka. Kesempatan inilah yang ingin diakukan oleh siswa untuk menikmati liburan yang positif. Akan tetapi, ada juga yang mengisi liburan dengan hanya berdiam diri di rumah tanpa melakukan aktivitas di rumah, seperti bermain dan menonton televisi. Bermain sudah menjadi kebiasaan atau budaya sehari-hari oleh siswa, terutama anak SD dan SMP.
Memang, ini menjadi perhatian kita bersama untuk mengajak atau mempersuasikan siswa agar mereka dapat cerdas dan kreatif untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi dirinya sendiri. Bermain di tengah waktu liburan, tidak bisa terlepaskan dari kehidupan dunia anak. Anak pun merasakan liburan hanya bermain saja, seperti bermain Play Station (PS), bermain gadget/tablet, bermain permainan tradisional, dan lain sebagainya. Bermain seperti inilah yang menyebabkan para siswa menjadi malas berfikir atau belajar dan membuang-buang waktu yang bermanfaat saja karena hasilnya tidak kreatif dan inovatif, juga cenderung terjadinya pembodohan bagi siswa itu sendiri. Karena itu, para siswa diharapkan dapat mengubah kebiasaan mereka dari hal-hal yang malas untuk dikerjakan menjadi sesuatu yang dapat dikerjakan. Dari pada mengisi waktu hanya bermain saja, mendingan melakukan sesuatu yang kreatif agar berguna selama liburan.
Cerdas, kreatif, dan positif merupakan kata kunci untuk siswa dalam memanfaatkan waktu liburan sekolah yang bermakna dan berkemajuan. Libur sekolah diisi waktu pergi ke luar rumah agar mereka tidak jenuh selama libur sekolah. Menurut penulis sendiri, ada baiknya para siswa diajarkan kreatifitas seni, sehingga waktu libur sekolah mereka dengan baik dan berpengetahuan yang cerdas. Jadi, ini penting untuk siswa sendiri melakukan kreasi dengan memanfaatkan barang-barang bekas, memanfaatkan plastik sampah yang memilki nilai ekonomis dan keuntungan yang lebih besar. Untuk itu, mereka pun dapat mengatur waktu atau membagi jadwal aktivitas yang mereka lakukan, sehingga tidak jadi ribet dan luwes. Oleh karena itu, diharapkan bagi siswa untuk mengetahui akan hal-hal yang bersifat positif dan juga luangkan waktu sebentar untuk membaca buku, serta belajar. Jangan hanya bermain saja yang diketahui, karena bermain hanya menghabiskan waktu yang kurang efektif, luangkan waktu libur sekolah dengan efektif efisien dan cerdas. Semoga dengan ini dapat menerima hikmah liburan sekolah yang baik dan benar.(****).

Pos terkait