Lewat Video, Korem 045/Gaya Imbau Cegah Covid-19 dengan Bahasa Bangka

  • Whatsapp
Rekaman video imbauan cegah Covid-19 di halaman kantor Gubernur Babel.(foto: istimewa).

RAKYAT POS.COM, PANGKALPINANG – Korem 045/Gaya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mencegah penyebaran pandemi virus corona atau covid-19 di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Imbauan ini disampaikan oleh prajurit Korem 045/Gaya, Serda Dedy Supandri lewat video dengan lokasi rekaman di Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rabu (09/04/2020).

Read More

Video imbauan pencegahan virus korona dengan menggunakan versi bahasa Bangkek (Bangka) ini berdurasi 1 menit 32 detik.

“Assalamu’alaikum Warahmatullaahiwabarakatuh. Woy sepradik, khusus e yang ade di Bangkak Belitung kek yang tengah merantau di luar sane (Wahai saudaraku, khususnya yang ada di Bangka Belitung dan yang sedang merantau di luar sana-red), virus korona yang tengah mewabah sekarang ne dak pacak diliet dengan mate telanjeng, ade peralatan khusus men nek ngeliet e (virus corona yang sedang mewabah saat ini tak dapat dilihat dengan mata telanjang, harus menggunakan peralatan khusus jika ingin melihatnya-red). Virus ne cepet bener nular ke urang laen trus yang ditular ge dak langsung saket (Virus ini cepat sekali menyebar ke orang lain dan yang tertularpun tidak langsung merasakan sakit-red),” kata Serda Dedy Supandri.

Kepada masyarakat, kata dia, supaya mengindahkan imbauan dari pemerintah, TNI-Polri agar virus ini tidak menyebar kemana-mana.

“Jadi, biar virus ne dak menyebar kemane-mane, yo sepradek kite same-same ngikot imbauan TNI-Polri kek pemerintah kite (Agar virus ini agar tidak menyebar kemana-mana, ayo saudara kita bersama mengindahkan himbauan TNI-Polri dan Pemerintah kita-red). Jangen keluer umah duluk ok, kalok dak terpaksa kek jangen bekumpol di tempet-tempet ramai ok (Jangan keluar rumah dulu ya kalau tidak terpaksa dan juga jangan berkumpul di tempat-tempat ramai ya-red),” imbuhnya.

Untuk itu Dedy mengingatkan untuk selalu menjaga jarak satu sama lain (social distancing). “Jage jarak ikak kalok ketemu kek sepradek-sepradek kite (Jaga jarak anda, jika bertemu dengan saudara-saudara kita-red). Biasekan cuci tangen dengan aek mengaler, kek pakek sabun kek maken maanan yang bergizi (Biasakan cuci tangan dengan air mengalir, dan menggunakan sabun serta makan makanan yang bergizi-red),” pesan dia.

Dia menambahkan, masyarakat yang merasa rindu dengan keluarga bisa berkomunikasi melalui handphone, tak perlu bertemu langsung di tengah wabah virus corona ini.

“Kalok ikak rindu bener kek keluarga di Bangkak Belitung ne, teknologi sekarang ne la canggih. (Jika anda sangat rindu dengan keluarga yang ada di Bangka Belitung ini, teknologi saat ini sudah canggih-red). Kite pacak makai video call men nek ngumong kek sepradek kite di Bangkak Belitung, jadi jangen mudek duluk ok sepradekku (Kita bisa menggunakan video call untuk bertatap muka dengan saudara kita di Bangka Belitung, jadi jangan mudik dulu ya wahai saudaraku-red),” pesannya lagi.

Tak hanya itu saja, Dedy juga menekankan agar manusia bertawakal atau berserah diri kepada Allah SWT setelah ikhtiar dan berdoa.

“Kalok semuen la kite gawe, kite tinggal memohon bai kepada Allah SWT biar kite semue agik dalem lindungan-E kayak kate pepatah, jauh di mate deket di hati. Kite terpisah, bukan becerai (Jika semua sudah kita jalankan, kita tinggal memohon kepada Allah SWT agar kita semua didalam lindungan-Nya seperti kata pepatah, jauh di mata dekat di hati. Kita berpisah, bukan bercerai-red). Wassalamu’alaikum warahmatullaahiwabarakatuh,” pungkasnya. (bis/3).

JustForex

Related posts