Lewat Video, Korem 045/Gaya Imbau Cegah Covid-19 dengan Bahasa Bangka

  • Whatsapp
Rekaman video imbauan cegah Covid-19 di halaman kantor Gubernur Babel.(foto: istimewa).

RAKYAT POS.COM, PANGKALPINANG – Korem 045/Gaya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mencegah penyebaran pandemi virus corona atau covid-19 di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Imbauan ini disampaikan oleh prajurit Korem 045/Gaya, Serda Dedy Supandri lewat video dengan lokasi rekaman di Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rabu (09/04/2020).

Video imbauan pencegahan virus korona dengan menggunakan versi bahasa Bangkek (Bangka) ini berdurasi 1 menit 32 detik.

“Assalamu’alaikum Warahmatullaahiwabarakatuh. Woy sepradik, khusus e yang ade di Bangkak Belitung kek yang tengah merantau di luar sane (Wahai saudaraku, khususnya yang ada di Bangka Belitung dan yang sedang merantau di luar sana-red), virus korona yang tengah mewabah sekarang ne dak pacak diliet dengan mate telanjeng, ade peralatan khusus men nek ngeliet e (virus corona yang sedang mewabah saat ini tak dapat dilihat dengan mata telanjang, harus menggunakan peralatan khusus jika ingin melihatnya-red). Virus ne cepet bener nular ke urang laen trus yang ditular ge dak langsung saket (Virus ini cepat sekali menyebar ke orang lain dan yang tertularpun tidak langsung merasakan sakit-red),” kata Serda Dedy Supandri.

Baca Lainnya

Kepada masyarakat, kata dia, supaya mengindahkan imbauan dari pemerintah, TNI-Polri agar virus ini tidak menyebar kemana-mana.

“Jadi, biar virus ne dak menyebar kemane-mane, yo sepradek kite same-same ngikot imbauan TNI-Polri kek pemerintah kite (Agar virus ini agar tidak menyebar kemana-mana, ayo saudara kita bersama mengindahkan himbauan TNI-Polri dan Pemerintah kita-red). Jangen keluer umah duluk ok, kalok dak terpaksa kek jangen bekumpol di tempet-tempet ramai ok (Jangan keluar rumah dulu ya kalau tidak terpaksa dan juga jangan berkumpul di tempat-tempat ramai ya-red),” imbuhnya.

Untuk itu Dedy mengingatkan untuk selalu menjaga jarak satu sama lain (social distancing). “Jage jarak ikak kalok ketemu kek sepradek-sepradek kite (Jaga jarak anda, jika bertemu dengan saudara-saudara kita-red). Biasekan cuci tangen dengan aek mengaler, kek pakek sabun kek maken maanan yang bergizi (Biasakan cuci tangan dengan air mengalir, dan menggunakan sabun serta makan makanan yang bergizi-red),” pesan dia.

Related posts