Lestarikan Permainan Lokal, Pemkab Bangka Gelar Lomba Permainan Tradisonal

  • Whatsapp

SUNGAILIAT – Dalam rangka melestarikan keberadaan perlombaan tradisonal yang ada di Bangka. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka menggelar lomba permainan khas daerah Bangka, di Halaman Kantor Bupati Bangka, Rabu (24/4/2019).

Perlombaan yang diikuti para ASN serta pegawai honorer yang ada di lingkungan Pemkab Bangka tersebut, adalah perlombaan permainan khas Bangka, seperti lomba Bakiak, Lari Karung, tarik tambang, Enggran dan Hadang.

Kegiatan perlombaan pemainan khas daerah Kabupaten Bangka tersebut, digelar dalam rangka memperingati HUT Kota Sungailiat ke 253 serta dalam rangka melestarikan keberadaan mainan tradisional yang ada di Kabupaten Bangka.

Hal itu dikatakan Ketua Pelaksana Peringataan HUT Kota Sungailiat ke 253 Kabupaten Bangka tahun 2019, Teddy Sudarsono kepada wartawan di Kantor Bupati Bangka Rabu (24/4/2019).

Menurut Teddy, dalam memperingati HUT Kota Sungailiat, berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bangka, diantaranya lomba permainan tradisional khas Bangka, dengan peserta para ASN dan pegawai honorer di yang ada di lingkungan Pemkab Bangka.

”Hari ini, kita menggelar perlombaan tradisonal khas daerah kita, seperti lomba Bakiak, Lari Karung, Enggran dan Hadang. Dengan tujuan melestarikan permainan tradisonal, sebagai bentuk menjaga kearifan lokal yang ada di daerah ini, ” ujar Teddy Sudarsona, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Setda Bangka.

Teddy berharap, melalui pertandingan yang digelar, selain kegiatan tersebut sebagai ajang perebutan juara masing-masing pegawai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bangka, juga sebagai ajang silaturahmi, persatuan, serta membina kebersamaan di antara para pegawai Pemkab Bangka.

Dikatakan Teddy, nantinya para pemenang perlombaan permainan tradisional tersebut, akan mewakili Kabupaten Bangka, pada ajang pertandingan permainan tradisional untuk tingkat Provinsi Bangka Belitung (Babel). ”Jadi kegiatan pertandingan ini, juga bagian seleksi para atlet permainan tradisional daerah kita, untuk ke jenjang tingkat Provinsi Babel nantinya,” jelas Teddy.

Dari pantauan harian ini, saat digelar pertandingan permainan tradisional berlangsung meriah, tidak sedikit para peserta yang ikut dalam satu regu, saat pertandingan terjatuh, dan hal tersebut menjadi bahan tertawaan rekan pegawai lainnya yang menonton pertandingan permainan tradisional tersebut.(2nd/mg419/3)

Related posts