Lestarikan Musik Tradisional, Bhayangkari Polres Pangkalpinang Rilis Video Dambus

  • Whatsapp
Pengurus Bhayangkari Polres Pangkalpinang dengan pakaian adat Bangka Belitung saat shooting video musik dambus kawasan Bangka Botanical Garden.(foto: istimewa)

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Berbagai cara dapat dilakukan untuk melestarikan musik tradisional agar tidak tergerus oleh genre musik modern yang menguasai pasar musik saat ini. Seperti yang dilakukan pengurus Bhayangkari Polres Pangkalpinang yang merilis video musik dambus berdurasi 3 menit. Video ini dapat dilihat di media sosial Instagram dan Facebook.

Mengambil lokasi shooting di Puri Tri Agung Pantai Tikus, Sungailiat dan kawasan Bangka Botanical Garden, Pangkalpinang, nampak grup dambus yang dipimpin Ketua Bhayangkari Cabang Pangkalpinang, Nisa Iman Risdiono apik memainkan alat musik tradisional seperti akordeon, dambus dan gendang.

Muat Lebih

Selain menampilkan kemahiran petikan bermain alat musik dambus, dalam video tersebut juga nampak para istri anggota polisi yang berdinas di Polres Pangkalpinang ini juga menggunakan pakaian khas tradisional Bangka Belitung juga seragam khas Bhayangkari.

Kapolres Pangkalpinang, AKBP Iman Risdiono Septana mengatakan video yang dibuat pada awal Januari 2020 itu bertujuan untuk melestarikan budaya Bangka Belitung. “Ini (video-red) untuk melestarikan budaya Bangka Belitung, ada dua lagu yang dinyanyikan yaitu Zapin Melayu dan Abu Samah,” ujar AKBP Iman kepada wartawan, Rabu (22/1/2020).

Menurut dia, permainan alat musik dambus ini merupakan yang pertama kali dimainkan oleh pengurus Bhayangkari Polres Pangkalpinang. “Dambus merupakan alat musik tradisional, begitu juga dengan irama, maupun syair yang dinyanyikan banyak mengandung nilai-nilai kearifan lokal dan melalui video ini kami mengajak untuk melestarikan budaya ini,” tutupnya. (ist)

Pos terkait