Layanan KB Bergerak Jangkau Desa Mayang

  • Whatsapp

Kelapa Kampit – Layanan Keluarga Berencana (KB) bergerak dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Bangka Belitung (Babel) menjangkau Desa Mayang, Kecamatan Kampit, Kabupaten Belitung Timur (Beltim) untuk memberikan pelayanan KB kepada masyarakat sekitar.
Kasubbid Bina Kesetaraan BerKB Jalur Wilayah dan Sasaran Khusus BKKBN, Yudi Rafani mengatakan, kegiatan ini digelar pada 30 Januari 2017 dengan sasaran Pasangan Usia Subur (PUS).
“Dengan layanan bergerak di kecamatan ini, kita melayani PUS untuk pemasangan alat kontrasepsi, dilayani sebanyak 22 orang, terdiri dari peserta KB implant 20 orang dan peserta KB IUD 2 orang,” kata Yudi, Selasa (31/1/2017).
Untuk hari berikutnya, yakni Selasa kemarin (31/1/2017) layanan KB bergerak menjangkau Desa Padang, Kecamatan Manggar, Beltim. PUS yang dilayani pemasangan kontrasepsi berjumlah 8 orang, terdiri dari 5 aseptor IUD dan 3 aseptor implant.
“Sasaran kegiatan ini adalah PUS muda yang berusia 15-29 tahun dan PUS yang ingin menunda/menjarangkan kelahiran dan PUS yang tak ingin punya anak lagi tapi tidak menggunakan kontrasepsi,” tandasnya.
Dengan adanya pelayanan KB bergerak ini, diharapkan dapat mendekatkan pelayanan KB bagi PUS yang ingin ber-KB, dengan sasaran menekan angka kelahiran di usia 15-29 tahun, serta mencapai TRF 2,1.
“Kita juga berharap bisa menurunkan angka kematian ibu melahirkan yang disebabkan terlalu muda untuk melahirkan, terlalu tua untuk melahirkan, terlalu rapat jarak waktu melahirkan, dan terlalu sering melahirkan,” demikian Yudi. (nov/rls/1)

Related posts