Lantamal III Ajak Pelajar Basel Bergabung jadi Prajurit TNI AL

  • Whatsapp

 

Muat Lebih

TOBOALI – Pangkalan Utama TNI AL III Jakarta didampingi Lanal Bangka Belitung melakukan sosialisasi penerimaan prajurit TNI AL di Gedung Serba Guna Pemkab Basel, Kamis (13/2/2020).

Sosialisasi yang dipimpin oleh Aspes Kolonel Laut (S) Binsar M Sirait, SE, MSi bersama Danlanal Babel Letkol Laut (P) Dudik Kuswoyo, S.E., M.Tr. Hanla, dihadiri Bupati Basel Justiar Noer, Kapolres Basel, AKBP Ferdinand Suwarji, Sekda Basel Achmad Ansyori serta pejabat Pemkab Basel.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 500 pelajar SLTA Basel, Bateng dan Sungailiat ini menghadirkan narsumber Letkol Laut Tri Armyanti. Selain sosialisasi, acara tersebut juga menampilkan drama penyanderaan tamu VIP yang berhasil dilumpuhkan prajurit TNI AL.

Sosialisasi tersebut memaparkan tentang penerimaan TNI AL mulai dari tingkat Tamtama, Bintara hingga Akademi Angkatan Laut. Persyaratan pendidikan yang harus dipenuhi calon pendaftar serta proses seleksi yang akan dilalui.

Kegiatan ini mendapat respon antusias dari para pelajar hingga banyak pertanyaan yang dilontarkan. Asisten Personel Lantamal III Kolonel Laut (S) Binsar M Sirait mengatakan sosialisasi ini adalah program pusat yang bertujuan untuk memberikan informasi penerimaan TNI AL kepada pelajar SLTA di Bangka Selatan.

Tahun ini TNI AL menerima prajurit sebanyak 3430 anggota se Indonesia. Ia menegaskan penerimaan TNI AL tidak dipungut biaya alias gratis. Untuk itu, Sirait mengingatkan para pelajar calon pendaftar agar mempersiapkan diri secara administrasi, fisik maupun mental. Dan yang terpenting, kata Sirait adalah percaya dengan kemampuan diri sendiri. Pembukaan pendaftaran prajurit TNI AL akan dilaksanakan pada bulan April mendatang.

Bupati Basel Justiar Noer mendukung sosialisasi yang dilakukan Lantamal III Jakarta. Pemkab Basel, kata Justiar akan memfasilitasi armada bis sebagai alat transportasi para pelajar yang akan mendaftarkan diri menjadi prajurit TNI.

Ia sangat mendukung putra putri Basel menjadi prajurit TNI demi menjaga NKRI yang merupakan negara kepulauan. Untuk itu, Justiar berharap para pelajar Basel dapat mempersiapkan diri agar lolos menjadi prajurit TNI AL. Di sisi lain, Justiar sangat mengapresasi pengamanan laut yang telah dilakukan TNI AL di Bangka Selatan. (raw)

Pos terkait